Ringkasan Khotbah

Khotbah Minggu, 22 Mei 2016

APAKAH ARTI HIDUPMU ?
Ayat Pokok: Yakobus 4:14b
Oleh: Pdm. Ronald Tamba

Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Ketika Adam dan Hawa diciptakan, Allah tidak memberikan batas umur, tetapi Tuhan memberikan peringatan dan perintah. Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat itu, janganlah kau makan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati” (Kej 2:16-17). Tetapi ternyata manusia lebih menaati diri sendiri daripada menaati perintah Tuhan. Akibat melawan Tuhan, manusia jatuh dalam dosa, dan terjadilah waktu (batasan umur). Pemazmur katakan umur manusia 70 tahun, kalau kuat 80 tahun. Karena begitu singkat hidup ini, digambarkan seperti uap.

Di sini kita diajarkan supaya kita memahami dengan benar apa arti hidup. Ada orang-orang yang hidup hanya untuk kepentingan diri sendiri (Flp 2:1-2) dan ada orang-orang yang hanya fokus pada kekayaan jasmani (Why 3). Dan ada juga orang yang hidup hanya untuk menggemukkan diri (1 Sam 2: 27-29). Namun Rasul Paulus mempunyai pandangan yang berbeda terhadap hidup ini, “Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. …” (Flp 1:21-22). Memberi buah artinya menjadi berkat bagi orang lain.

Khotbah Minggu, 15 Mei 2016

HARI PENTAKOSTA
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 2:1-4
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, dimana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam Bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Ada tujuh hari raya yang ditetapkan Tuhan dan harus dilakukan/dirayakan setiap tahun, yaitu pada tanggal 14 bulan yang pertama. Kenapa harus bulan pertama tanggal 14? Karena 10 hari sebelum tanggal 14 itu domba yang akan disembelih harus sudah dipersiapkan terlebih dulu. Dari tujuh hari raya, ada tiga hari raya utama (Ulangan 16:9-16):

Khotbah Minggu, 8 Mei 2016

FIRMAN & ROH KUDUS
Ayat Pokok: Matius 5:13; Markus 9:49-50
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
 
Garam memang baik, tetapi jika garam menjadi hambar, dengan apakah kamu mengasinkannya?  Hendaklah kamu selalu mempunyai garam dalam dirimu dan selalu hidup berdamai yang seorang dengan yang lain.

Khotbah Hari Kenaikan Tuhan Yesus, 5 Mei 2016

MENANTIKAN JANJI BAPA
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 1:1-11
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
 
Setelah Injil Lukas, kitab Kisah Para Rasul adalah buku kedua yang ditulis oleh Lukas.  Ia menuliskan “segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus”.  Kitab kedua ini dibukanya dengan catatan tentang pesan Tuhan Yesus sebelum Ia terangkat ke sorga.  “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Khotbah Minggu, 1 Mei 2016

GARAM: ROH KUDUS
Ayat Pokok: Matius 5:13; Markus 9:50
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
 
Tiap orang perlu garam!  Garam pasti ada di setiap rumah – mulai dari gubuk reyot sampai istana megah.  Tuhan Yesus berkata, saudara dan saya adalah garam dunia.  Satu kehormatan besar mendapat kepercayaan dari Tuhan untuk menjadi garam bagi dunia! 

Dunia sangat membutuhkan garam.  Namun Tuhan berkata, “Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan?  Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.”  Dalam Markus 9:50, Tuhan berkata, “Garam memang baik, tetapi jika garam menjadi hambar, dengan apakah kamu mengasinkannya?"  Dengan kata lain, Tuhan masih memberi kesempatan kedua; masih ada harapan bagi garam yang mulai hambar: segera berbalik dan kembali berfungsi sebagai garam yang bermanfaat bagi dunia!

Ringkasan Khotbah, 24 April 2016

KUAT DI DALAM TUHAN
Ayat Pokok: Filipi 4:13
Oleh: Pdt. Markus Situmeang, Medan

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. 

Sepanjang hidup, setiap manusia takkan luput dari masalah.  Perbedaannya ialah: sebagai orang percaya, saudara dan saya memiliki Allah yang memberi kekuatan dan kesanggupan untuk mengatasi setiap persoalan yang kita hadapi.  Haleluya! 

Khotbah Minggu, 17 April 2016

KEMURAHAN TUHAN
Ayat Pokok: Matius 5:13
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
 
Ucapan Yesus adalah ucapan yang positif dan pasti! FirmanNya, Ya dan Amin!  Jadi, kalau Ia berkata, “Kamu adalah garam dunia”, yakinlah, saudara dan saya adalah garam yang sungguh amat dibutuhkan dunia! 

Dalam Markus 9:50 Tuhan Yesus memberi penjelasan lebih lanjut tentang garam. Garam memang baik; garam harus ada di dalam hidup kita!  “Garam memang baik, tetapi jika garam menjadi hambar, dengan apakah kamu mengasinkannya?  Hendaklah kamu selalu mempunyai garam dalam dirimu...”

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)