Khotbah Awal Tahun, 1 Januari 2013

PERLOMBAAN WAJIB
Ayat Pokok: Ibrani 12:1-4
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Sion!  Itulah tujuan akhir perjalanan hidup saudara dan saya.   Itulah Kota Allah yang hidup; Yerusalem sorgawi; tempat kumpulan beribu-ribu malaikat; tempat tinggal jemaat anak-anak sulung yang namanya terdaftar di sorga, dan yang telah menjadi sempurna – Ibrani 12:22-24.  Haleluya!

Marilah...
Untuk mencapai sasaran, yaitu Sion, kota Allah yang hidup, saudara dan saya diajak untuk menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita...” Dosa/pelanggaran adalah beban yang merintangi laju pergerakan orang percaya!  Itu sebabnya, Allah menghendaki kita menanggalkan setiap beban dan dosa!

Yesus
‘Tips’ agar tidak tergoda oleh berbagai tawaran Iblis dan dunia yang akan membuat kita berhenti dan mundur ialah: berlomba dengan mata yang tertuju hanya kepada Yesus

Yesus – yang penderitaan dan kematianNya kita peringati melalui Perjamuan Kudus – Dialah yang memimpin dan membawa iman kita kepada kesempurnaan; Dialah yang menantikan kedatangan kita di ujung perjalanan.
Yesus – Dialah Allah yang telah mengabaikan kehinaan, tekun memikul salib.  Penderitaan dan kematianNya memberi kekuatan dan membangkitkan semangat agar saudara dan saya tidak menjadi lemah dan putus asa, lalu berhenti dan mundur di tengah jalan!

Kesempurnaan Penuh
Ada perlombaan yang wajib diikuti setiap orang percaya.  Untuk itu, kita harus mempersiapkan diri, berlatih dengan tekun dan disiplin tinggi agar keluar sebagai pemenang. 

Tuhan menghendaki kita bergerak maju, berlomba untuk mencapai kesempurnaan penuh di dalam Kristus – Kolose 1:28-29.  Sempurna, tak bercacat cela, dalam roh, jiwa dan tubuh – 1 Tesalonika 5:23.  Dia mau menjadikan kita sempurna, sama seperti Dia sempurna adanya.  Haleluya!

Tahun berganti tahun, waktu terus berjalan - tak ada yang dapat menghentikannya.  Kedatangan Tuhan pun semakin dekat!  Apakah saudara telah memanfaatkan waktu yang Tuhan berikan dengan sebaik-baiknya?  “... pergunakanlah waktu yang ada” – Kolose 4:5; Efesus 5:16 menjadi tema kita tahun 2013.  Bahasa Inggris: redeem the time = tebus/belilah waktu yang ada, supaya dengan demikian kita dapat mempergunakannya dengan benar.  Sebab kita hidup di hari-hari yang jahat di mana yang jahat dan najis akan bertambah jahat dan najis, tetapi puji Tuhan, yang benar dan kudus akan semakin benar dan kudus – Wahyu 22:11.

Selamat Melangkah Maju Di Tahun Baru 2013 bersama Tuhan kita Yesus Kristus!  Dan Selamat Berlomba!  Tuhan memberkati saudara.

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)