Ringkasan Khotbah

Khotbah Minggu, 19 April 2015

RAHASIA KEBERHASILAN YUSUF
Ayat Pokok: Kejadian 39:1-20
Oleh: Pdt. Wilson Sormin (GPdI Binjai, Medan)

Keberhasilan tidak ditentukan oleh tingginya IQ seseorang. Ada banyak orang pintar, tetapi tidak menjadi orang berhasil. Ada orang biasa-biasa saja (tidak terlalu pintar), tetapi menjadi orang berhasil. Keberhasilan juga tidak ditentukan karena memiliki banyak keahlian atau bakat (multi talenta), karena kenyataannya ada banyak orang yang memiliki banyak keahlian, bakat tetapi tidak menjadi orang berhasil. Keberhasilan juga bukan faktor keberuntungan. Untuk meraih keberhasilan, ada banyak faktor yang harus berperan di dalamnya, yang paling utama adalah melibatkan Tuhan. Sebagian besar orang salah mengartikan tentang sebuah keberhasilan. Kalau orang mempunyai harta yang banyak, titel, rumah dan fasilitas mewah, dikatakan berhasil. Sebenarnya itu hanya sebagian saja dari keberhasilan. Arti yang sebenarnya dari keberhasilan adalah hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. Meskipun kita mempunyai banyak harta dan fasilitas mewah, namun bila tidak bisa hidup sesuai dengan kehendak Tuhan, kita tergolong orang yang gagal. Mari kita belajar dari keberhasilan Yusuf. 

Khotbah Minggu, 12 April 2015

BANGKIT & HIDUP!
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 1:1-3
Oleh: Pdt. Haniel van der Krogt

Setelah bangkit dari antara orang mati, Yesus merasa sangat perlu melakukan pekerjaan-pekerjaan penting di dunia sebelum akhirnya Ia naik ke surga.  Maka 40 hari lamanya Ia menampakkan diri, mengajar dan mengadakan tanda-tanda heran untuk (i) meyakinkan murid-murid bahwa Ia sungguh hidup; (ii) mengobarkan kembali semangat murid-murid; dan (iii) mempersiapkan mereka menjadi rasul-rasulNya!

“Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.”

Khotbah Hari Kebangkitan Tuhan Yesus, 5 April 2015

KEBANGKITAN YANG KUDUS & BENAR!
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 3
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Maut tak kuasa menahan Yesus!  Setelah tiga hari tiga malam ada dalam kubur, pada hari yang ketiga, Ia bangkit! “Hai maut di manakah kemenanganmu?  Hai maut, di manakah sengatmu?”

Setelah tiga kali menyangkal mengenal Yesus di malam sebelum Ia disalibkan, pada Hari Pantekosta setelah Roh Kudus turun ke atas 120 orang murid, Petrus berubah 180 derajat!  Hari itu, sekali ia berkhotbah, 3000 orang bertobat! 

Khotbah Hari Kematian Tuhan Yesus, 3 April 2015

KEMATIAN SANG PENEBUS
Ayat Pokok: Mazmur 69:2-29
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Hari ini kita mengingat satu peristiwa maha penting.  Peristiwa di mana dari atas kayu salib, Yesus berseru, “Eli, Eli, lama sabakhtani?”  Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?...  Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.”  Peristiwa ketika Iblis merayakan kemenangan: menyangka ia telah mengalahkan Anak Allah! 

Khotbah Minggu, 29 Maret 2015

PELITA & TERANG
Ayat Pokok: Mazmur 119:105
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Allah adalah Terang, di dalam Dia tidak ada kegelapan sedikitpun – 1 Yohanes 1:5.  Tritunggal Allah adalah satu-satunya Sumber Terang!  Tanpa Dia, kita akan terantuk, jatuh dan tersesat di tengah dunia yang sedang tenggelam dalam kegelapan yang kian pekat!

Khotbah Minggu, 22 Maret 2015

KITA ADALAH TERANG
Ayat Pokok: Mazmur 27:4
Oleh: Pdt. AH Mandey

Daud ingin dan telah meminta kepada Tuhan tinggal dalam rumah Tuhan seumur hidupnya untuk menikmati segala kebaikan dan kemurahan Tuhan. Jika ada kegelapan dalam hidup dan pikiran serta jalan, kalau terang Allah itu datang, maka terang itu akan melenyapkan segala kegelapan, terang itu membawa keselamatan. Terang berbicara tentang tidak berubahnya Tuhan, menyatakan Ia adalah terang selama-lamanya (1 Yoh 1:5). Kita menjadi terang dunia adalah suatu kemurahan Tuhan yang luar biasa. Sebab siapakah kita ini? Sebelum menjadi anak Tuhan, sebelum Tuhan bisa mengatakan kita adalah terang dunia, Alkitab mengatakan tentang kita begitu mengerikan.

Khotbah Minggu, 15 Maret 2015

DENGAN IMAN
Ayat Pokok: 1 Raja-Raja 17:7-16
Oleh: Pdt. Lesrin Markus Situmeang, STh (GPdI Kasih Karunia, Tg Morawa, Medan)

Elia seorang  nabi yang dipakai Allah untuk memberkati daerah Sidon yang mengalami masalah kekeringan sehingga terjadi bala kelaparan yang sangat hebat sebab raja Ahab telah berpaling; menyembah kepada berhala-berhala. Masalah ini diijinkann Allah terjadi supaya mereka sadar “siapa mereka” di hadapan Tuhan. 

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)