Ringkasan Khotbah

Khotbah Minggu, 7 Desember 2014

“BELUM PERNAH KITA LIHAT”
Ayat Pokok: Mazmur 27:4; Markus 2:12
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Meski memiliki segala sesuatu, raja Daud masih merindukan satu hal: tinggal dalam rumah Tuhan seumur hidup: antara lain untuk menyaksikan kemurahan Tuhan!  (Bahasa Inggris: “to behold the beauty of the Lord” = untuk menyaksikan keindahan = kemuliaan Tuhan).  

Khotbah Minggu, 30 November 2014

KEMULIAAN ALLAH
Ayat Pokok: Mazmur 27:4; 2 Korintus 3:7-18
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Kemenangan lepas kemenangan diraih seorang raja besar, panglima tertinggi bangsa Israel, meski begitu banyak lawan dan musuh yang mengepung; siap mencabik dan memakan dagingnya!  Imannya tak goyah: “TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?” 

Dan Daud, sang raja dan panglima besar orang Israel, rindu untuk diam dalam rumah Tuhan seumur hidupnya – meski ketika itu bangunan fisik rumah Tuhan yang permanen belum ada.

Khotbah Minggu, 23 November 2014

100 – 60 – 30
Ayat Pokok: Matius 13:23
Oleh: Pdt. Zefanya, Jakarta

Menutup Perumpamaan Tentang Seorang Penabur, Tuhan Yesus berkata, benih yang ditaburkan di tanah yang baik menghasilkan “ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.”  Mereka ini adalah orang yang mendengar dan mengerti Firman Tuhan!

Khotbah Minggu, 16 November 2014

TEGUH BERPEGANG
Ayat Pokok: Efesus 4:15
Oleh: Pdt. J. Chandra, Jakarta

Tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.

Adalah kehendak Allah agar umatNya teguh berpegang pada kebenaranNya!  Ayat ini sekaligus menjadi peringatan bagi saudara dan saya, sebab tidak sedikit orang yang – karena berbagai alasan tertentu – tidak lagi berpegang pada kebenaran Allah!  Lalu, “Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?” – Matius 16:26.

Khotbah Minggu, 9 November 2014

DI TENGAH KEPUNGAN MUSUH   
Ayat Pokok: Mazmur 55:17-19
Oleh: Pdt. Jeffrey Manitik, Manado

Di tengah kepungan musuh yang berduyun-duyun melawannya, pemazmur sepenuhnya berharap dan bergantung pada Tuhan – bukan pada kekuatan sendiri, apalagi berpaling pada manusia!

“Tetapi aku berseru kepada Allah, dan TUHAN akan menyelamatkan aku.  -- Di waktu petang, pagi dan tengah hari aku cemas dan menangis; dan Ia mendengar suaraku.   Ia membebaskan aku dengan aman dari serangan terhadap aku, sebab berduyun-duyun mereka melawan aku.”

Khotbah Minggu, 2 November 2014

JEMAAT ALLAH YANG HIDUP
Ayat Pokok: Mazmur 27:4; 1 Timotius 3:15-16
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Meski saat itu belum ada, raja Daud sangat cinta rumah Tuhan.  Karenanya, ia rindu untuk membangun rumah Tuhan.  Gayung bersambut.  Allah merestui.  Kerinduan Daud sejalan dengan kerinduan hati Allah!  Allah pun amat rindu untuk tinggal di tengah-tengah umatNya!  Namun karena semasa hidupnya Daud telah menumpahkan begitu banyak darah dalam peperangan, maka Allah memilih Salomo untuk membangun Bait Allah di Yerusalem. 

Khotbah Minggu, 26 Oktober 2014

IBADAH DALAM RUMAH TUHAN
Ayat Pokok: Mazmur 27:4
Oleh: Pdt. AH Mandey

Daud bukan hanya mempunyai keinginan atau cinta kepada rumah Tuhan, tetapi ia melakukan tindakan nyata dengan memberikan dari kepunyaannya sendiri untuk pembangunan rumah Tuhan (1 Taw 29:3-7). Kepala Puak, Kepala Suku, Kepala Pasukan, dan Seluruh Rakyat turut memberi bagi rumah Allah. Mereka memberi karena cinta untuk ibadah dalam rumah Tuhan.

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)