Allah Kita

Tidak dilakukan-Nya kepada kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak dibalas-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita. Mazmur 103:10

Tidak seorang pun di muka bumi ini yang tidak berdosa. Semua kita masih berdosa hingga hari ini. Bahkan orang yang terlihat baik pun kadang menyembunyikan dosa yang sanggup menggemparkan dunia bila terkuak.  Beberapa waktu lalu saya terhenyak membaca kisah seorang artis muda, cantik dan terkenal, yang pernah terlibat narkoba harus kembali mendekam di penjara dalam keadaan hamil menggenapi vonis kasasi oleh Mahkamah Agung. Saya sedih karena ketika bebas atas putusan banding pada Pengadilan Negeri beberapa waktu lalu sang artis kelihatan sungguh bertobat dan berkali-kali ucapan syukur kepada Tuhan Yesus terus terucap. Saya hanya bisa berdoa agar Tuhan mengangkat dan memulihkannya lagi.

 

Anda mungkin berpikir saya naïf ketika berdoa sedemikian. Sungguh saya tidak punya motivasi apapun kecuali agar Tuhan dipermuliakan dan tidak dipermalukan dalam setiap kisah hidup anak-anakNya. Saya pun berani berdoa demikian karena FirmanNya berkata: “Tidak dibalas-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita.” Membaca Mazmur 103:10 seharusnya membuat kita semakin mengasihi Allah. Betapa besar kemurahan Allah yang tersedia bagi kita. KemurahanNya tak sebanding dengan perbuatan baik kita. KemurahanNya menutupi banyak dosa kita.

Kalau saja kita berani merekapitulasi semua dosa dan membandingkannya dengan semua kemurahan yang Allah kerjakan, maka kita akan mendapati daftar panjang tak terhingga catatan perbuatan baik Allah atas kita. Ia mengampuni kita, Ia memulihkan kita, Ia memberkati kita, Ia mencukupkan kita, Ia membuatkan jalan ketika tidak ada jalan, Ia menghibur kita, Ia memberikan damai sejahtera, Ia menjaga kita, Ia meluputkan kita dari kecelakaan, Ia member i hikmat kepada kita, dan masih banyak lagi perbuatan baiknya yang dapat kita catat. Tidak ada kertas yang cukup menampung catatan kemurahanNya atas kita.      

Memasuki tahun yang baru, marilah kita mengucap syukur atas kemurahaNya yang besar dan menambah-nambahkankan kebaikan pada jalan hidup kita. Buatlah hatiNya senang dan bangga atas ketaatan kita. Sebab tidak ada Allah lain yang begitu baik selain Allah kita.(TW)

Doa: Tuhan Yesus tak sebanding perbuatan baikMu atasku dengan ketaatanku, sebab itu aku bersyukur padaMu dan berjanji untuk menjadi lebih baik lagi di tahun yang akan datang. Amin. 

Must Read