HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 30 September 2012

Khotbah Minggu, 30 September 2012

Air itu sudah menjadi Sungai
Ayat Pokok: Yehezkiel 47:5               
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Pengukuran terhadap perjalanan orang benar dilakukan empat kali. 1) dalamnya sampai di pergelangan kaki, 2) sampai di lutut, 3) di pinggang, 4) air itu sudah menjadi sungai. Maka orang tidak dapat berjalan lagi, harus berenang untuk dapat sampai di seberang (= selamat).

Gereja yang sempurna; tidak ada cacat cela, sempurna, bersih, tidak ada dosa. Roh Kudus yang akan membersihkan/menyucikan dan menyempurnakan kita. Gereja yang sempurna adalah gereja yang akan melihat Yesus datang. Namun sebelum kedatanganNya terlebih dulu akan terjadi dua hal: 1) murtad – banyak orang akan mundur dari Tuhan, 2) Anti Kristus – akan memerintah seluruh dunia dengan kekuatan setan, akan muncul setelah penyingkiran gereja.

Penyingkiran dan kedatangan Tuhan adalah dua hal yang berbeda. Penyingkiran, bhs Ing: take out = dibawa keluar – oleh Burung Nazar (Roh Kudus) ke padang belantara dimana Anti Kristus tidak bisa menjangkau kita.
Untuk mencapai kesempurnaan kita harus belajar makan makanan yang keras. Makanan keras adalah makanan untuk orang dewasa. Sedangkan “Barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil” (Ibrani 5:13). Tuhan mau kita maju, sama seperti kedalaman air mulai dari pergelangan kaki, terus ke lutut, pinggang dan sampai ke kepala.

“… berhasrat mengadakan ziarah!” (Mazmur 84:6) merupakan perjalanan menuju pada kesempurnaan. “… melintasi lembah baka …” (ayat 7). Baka adalah buah yang sangat besar dan meneteskan getah seperti air mata, rasanya pahit, baunya tidak sedap, mengandung racun. Ini bicara mengenai kehidupan yang pahit. Mazmur 23 menyebut lembah baka sebagai lembah kekelaman = lembah bayang-bayang maut. Namun Yohanes 7:37-39 menyatakan bahwa lembah baka (= kehidupan yang pahit) akan dibuat menjadi tempat yang bermata air (= tempat yang menyenangkan). Mata air yang Tuhan berikan adalah Roh Kudus. “Mereka berjalan makin lama makin kuat, hendak menghadap Allah di Sion” (Mazmur 84:7). Kita dapat melewati lembah baka dengan kekuatan Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

Previous article
Next article

Must Read