Dapat Dipercaya

Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman. Amsal  28:20

Saya mengenal seorang pemimpin sebuah organisasi sosial. Beliau adalah seorang yang saya hormati. Salah satu karakter utama beliau adalah tidak mudah lekas percaya orang.

Selidik punya selidik, ternyata itu akibat dari beberapa orang yang tadinya diberi kepercayaan kemudian mengecewakan. Ada yang memanfaatkan kepercayaan beliau untuk kepentingan pribadi, ada pula yang kemudian didapati tidak dapat pegang rahasia. Tidak mudah menjadi orang kepercayaan. Salah satu syarat untuk menjadi orang kepercayaan adalah dapat dipercaya. Dapat dipercaya berarti tahu pegang rahasia dan bertanggung jawab. 

Dalam relasi antara pemimpin dan bawahan karakter ini sangat dibutuhkan. Seorang pemimpin pasti senang bila staffnya dapat dipercaya. Saya sama sekali tidak heran bila seorang staff yang memiliki karakter dapat dipercaya kemudian mendapatkan promosi kenaikan jabatan. Sebab pada kebanyakan pemimpin kepintaran adalah nomor dua tetapi dapat dipercaya adalah mutlak.

Anda mungkin bertanya, “Apakah itu berarti saya harus simpan keburukan para pemimpin saya agar saya dapat dipercaya?” Jawaban saya, “Ya! Anda perlu simpan keburukan pemimpin Anda dari orang lain, tetapi tidak dari Tuhan.” Ceritakan pada Tuhan, doakan pemimpin Anda, bila ada peluang diskusikan dengan pemimpin Anda. Bukan diskusikan keburukan para pemimpin di level Anda. Sebab bila itu dilakukan, itu sama saja dengan gossip.

Ketika Anda menjauhkan diri dari pergunjingan rekan-rekan tentang keburukan pemimpin Anda, orang mungkin saja menuduh Anda cari muka, sok baik. Saran saya jangan hiraukan itu semua. Lakukan saja dengan iman ini: “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka.” Selebihnya setuju dengan Firman Tuhan berkat pun pasti mengalir ke arah Anda. (TW)

Doa: Tuhan Yesus berilah kepadaku telinga untuk mendengar dan mulut yang kelu untuk berkata-kata tentang keburukan orang lain, terlebih para pemimpin yang telah engkau tempatkan di atasku. Amin.

Must Read