HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKebaktian Paskah, 31 Maret 2013

Kebaktian Paskah, 31 Maret 2013

HE IS ALIVE!
Ayat Pokok: Filipi 3:10
Oleh: Ps. Stanley Sjoeberg, Swedia

Ketika Yesus disalibkan, sahabatNya mengkhianati Dia.  Petrus menyangkal mengenal Dia.  Semua murid lari meninggalkan Dia.  Yesus ditinggalkan seorang diri: memikul salib, menanggung penderitaan dan aniaya tak terkira sampai mati di atas kayu salib!  Tergantung di kayu salib, dalam keadaan sebagai manusia seutuhnya, Yesus telah kehilangan segalanya.  Mereka mengambil jubahNya; meludahi wajahNya, memakukanNya ke kayu salib; mengenakan mahkota duri ke atas kepalaNya; menikam lambungNya dengan tombak! 

Yesus Bangkit!
Dari atas kayu salib di Golgota, Yesus berseru, “Sudah selesai!” Lalu Ia menyerahkan nyawaNya!  Dia mati dan dikuburkan.  Mereka menutup kuburNya dengan sebuah batu besar; memeteraikan batu itu, dan menempatkan para penjaga di sekitar kubur Yesus. 

Tetapi Alkitab mencatat, pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar, Yesus sudah bangkit!  Haleluya!  Kematian dan kubur tak sanggup menahanNya!  Dia Bangkit dan Dia Hidup!  Di hari kebangkitanNya, Yesus mendapatkan kembali segala yang telah direnggut daripadaNya. 

Apakah saat ini saudara merasa ditinggalkan sendirian?  Saudara dikhianati oleh pasangan, rekan kerja, atau orang yang begitu engkau kasihi dan percaya?  Percayalah, kuasa Roh Kudus sanggup memulihkan hubungan pernikahan atau hubungan dengan orang-orang yang saudara kasihi.  Otoritas Roh Kudus atas hidupmu akan memberimu hikmat untuk bertutur-kata dan bertindak.  Dan engkau akan menang dalam setiap persoalan.  Puji Tuhan!

Tubuh Kebangkitan
Pada hari ketiga, Yesus bangkit dari kematian!  Dia bangkit dengan tubuh kebangkitan yang penuh kemuliaan!  Dia manusia, dan Allah sekaligus.  Empat puluh hari lamanya Yesus kemudian berjalan dan tinggal bersama murid-murid untuk membuktikan, bahwa Ia sungguh hidup!

Demikianlah kelak, saat Tuhan Yesus datang kembali, ketika sangkakala terakhir berbunyi, semua orang yang mati dalam Tuhan, akan dibangkitkan dan memiliki tubuh kebangkitan yang sama seperti Kristus!  Sementara itu, orang percaya yang masih hidup, akan diubahkan dalam sekejap mata – 1 Korintus 15:51-52.  Puji Tuhan! 

“Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu” – Roma 8:11.

Perjamuan Kudus
Hari ini, melalui Perjamuan Kudus kita mengingat kembali kematian sekaligus kebangkitan Yesus.  Kita makan roti yang merupakan lambang tubuh Kristus yang telah dipecah-pecahkan bagi saudara dan saya.  Lalu minum dari cawan berisi anggur, lambang darah Kristus yang tercurah, juga untuk saudara dan saya!

Dalam Perjamuan Kudus, Roh Kudus mengalir dan memperbaharui hidup saudara dan saya!  Pemulihan terjadi, setiap kali Roh Kudus dicurahkan.  “Di dalam Dia kamu juga — karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu — di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu” – Efesus 1:13.

Mari buka hati, rasakan Roh Kudus mengalir bagai aliran sungai air hidup, dan alami kuasaNya dalam hidupmu. Yesus sudah mati!  Tetapi Dia juga telah bangkit!  Dan Dia hidup untuk selama-lamanya!  Haleluya!  He’s Alive!
SELAMAT PASKAH!  Berkat Tuhan menyertai saudara.
 

Must Read