Self Service

“TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” Kejadian 2:18

Ketika ALLAH menyelesaikan ciptaan-Nya, ALLAH berkata bahwa semuanya itu sungguh amat baik. Tapi ada satu hal yang mengusik hati ALLAH, sehingga ALLAH menilai ada sesuatu yang membuat ciptaan-Nya itu, “Tidak baik”. Yaitu ketika ALLAH melihat Adam sendirian tanpa teman. Kemudian ALLAH membuat Hawa dari rusuk Adam dan menempatkannya sebagai pendamping bagi Adam.

Manusia diciptakan ALLAH sebagai makhluk sosial, makhluk yang saling bergantung satu dengan yang lain. Tidak ada seorangpun yang begitu hebatnya, sehingga ia tidak membutuhkan orang lain. Itu sebabnya sadarilah bahwa kita tidak dapat hidup tanpa orang lain. Dan sadarilah juga, bahwa ada orang-orang yang Tuhan ciptakan, yang “tidak dapat hidup” tanpa kita.

Keluarga kita membutuhkan kehadiran kita. Ada orangtua yang kurang menyadari bahwa anak-anak di rumah membutuhkan kehadiran orangtua, bukan melulu uang atau fasilitas. Suami membutuhkan isteri yang memberi semangat & dukungan, sebaliknya isteri membutuhkan suami sebagai pelindung & figur pemimpin dalam keluarga. TUHAN tidak menciptakan kita sebagai makhluk “self-service”.

Itu sebabnya ALLAH menjadikan kita berbeda satu dengan lainnya, bukan untuk diskriminasi, tetapi supaya kita saling melengkapi dan saling menyempurnakan. Bagaimana caranya? Dengan saling melayani satu terhadap yang lain. Mulailah gaya hidup melayani dari keluarga, tetangga di sekitar saudara, dan orang-orang yang saudara jumpa setiap hari.(dna)

Doa: Tuhan Yesus, beri aku kemampuan untuk dapat melayani orang-orang di sekitarku. Amin.

Must Read