HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKebaktian Hari Kenaikan Tuhan, 9 Mei 2013

Kebaktian Hari Kenaikan Tuhan, 9 Mei 2013

MENERIMA KUASA,KALAU ROH KUDUS TURUN KE ATASMU
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 1:1-11
Oleh: Pdt. Zefanya

Setelah mati dan bangkit pada hari ketiga, empat puluh hari lamanya Tuhan Yesus berjalan keliling, menampakkan diri dan membuktikan, bahwa Ia hidup!  Lalu Ia terangkat ke surga disaksikan oleh sejumlah besar murid. 
PesanNya sebelum naik ke surga, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Janji Yang Digenapi
Yesus tak pernah ingkar janji.  Apa yang dijanjikan, pasti digenapi!  “Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu” – Yohanes 16:4.

Sebelum disalibkan, Ia pernah berkata, adalah lebih baik jika Ia pergi, supaya Ia bisa mengutus Penghibur; Penolong yang lain kepada murid-murid – Yohanes 16:7; Yohanes 14:16.  Sesaat sebelum terangkat ke surga, Ia mengingatkan kembali dan memerintahkan murid-murid untuk tinggal di Yerusalem dan menunggu janji Bapa!

Dan janjiNya digenapiNya pada hari raya Pantekosta.  Puji Tuhan!  JanjiNya adalah ‘Ya’ dan ‘Amin’ – 2 Korintus 1:20!

Roh Kudus
Roh Kudus = Roh Kebenaran = Penolong yang lain = Parakletos = sama kualitas dan kemuliaanNya dengan Yesus.  Posisi Yesus yang keberadaannya secara jasmani terbatas oleh waktu, digantikan oleh Roh Kudus, yang senantiasa menyertai saudara dan saya.  Di dalam Yesus, kita yang telah menerima Injil Keselamatan, dimeteraikan dengan Roh Kudus – Efesus 1:13. 

Kapan kita menerima Roh Kudus?  Ketika percaya, saat itulah kita dimeteraikan oleh Roh Kudus.  Namun belum penuh.  Kepenuhan Roh Kudus ditandai dengan berkata-kata dalam bahasa lain seperti yang diberikan oleh Roh untuk mengatakannya – Kisah Para Rasul 2:4.

Haleluya!  Sambil memperingati Hari Tuhan Yesus naik ke surga 2000 tahun lalu, percayalah pada janjiNya: Roh Kudus sudah dicurahkan ke atas saudara dan saya!  Dia ada di dalam kita dan menyertai sampai kita tiba di ujung perjalanan. Mari alami dan nikmati kepenuhan Roh Kudus. Tuhan Yesus memberkati saudara! 
 

Must Read