Merasa Lebih Hebat

Yakobus 2:4 “Bukankah kamu telah membuat pembedaan di dalam hatimu dan bertindak sebagai hakim dengan pikiran yang jahat?”

Yesus pernah mengutus murid-muridNya berdua-dua, dan memberi mereka kuasa sehingga mereka melakukan banyak mujizat, mengusir roh-roh jahat dan menyembuhkan orang sakit demi Nama-Nya (Mrk. 6:7-13). Pengalaman ini membuat para murid merasa bahwa mereka adalah orang-orang yang istimewa. Mereka adalah sekelompok orang yang luar biasa yang dapat melakukan perkara-perkara yang tidak dapat dilakukan oleh orang lain di luar kelompok mereka.

Tetapi betapa terkejutnya mereka ketika menjumpai kenyataan bahwa ternyata ada orang lain yang bukan dari kelompok mereka yang juga bisa melakukan hal yang sama seperti yang mereka lakukan. Mereka kemudian mencegah orang itu dan melaporkannya kepada Yesus dengan alasan ‘karena ia bukan pengikut kita’ (Mrk. 9:38). Namun ternyata reaksi Yesus lebih mengejutkan lagi; Yesus memerintahkan mereka untuk tidak mencegah orang itu.

Sekalipun begitu, eksklusifitas murid-murid itu tidak berubah. Hanya beberapa saat kemudian kejadian yang hampir sama terulang lagi, yaitu ketika mereka memarahi para orang tua yang membawa anak-anak mereka kepada Yesus dan meminta supaya Yesus memberkati anak-anak itu. Yesus menunjukkan reaksi yang berbeda; Ia memarahi murid-muridNya atas sikap mereka, tetapi memeluk dan memberkati anak-anak itu (Mrk. 10:13-16).

Bukankah kita juga sering bersikap seperti murid-murid Yesus? Banyak kali kita beranggapan bahwa kita adalah pribadi yang memiliki kelebihan dibanding orang lain. Itu tidak salah. Tetapi ketika kita berpikir bahwa kitalah yang paling benar, orang lain selalu salah; kelompok kitalah yang paling hebat, kelompok lain tidak ada apa-apanya, maka kita akan terjebak dalam keangkuhan yang menyebabkan rusaknya hubungan dengan orang lain.

Ingatlah bahwa sekalipun kita berbeda dalam banyak hal, tetapi kita semua adalah satu tubuh, tubuh Kristus. Janganlah kita menjadi orang yang merasa lebih hebat dari saudara kita yang lain.

Doa: Tuhan Yesus, jadikanlah aku pribadi yang rendah hati. Amin.

Must Read