HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 1 September 2013

Khotbah Minggu, 1 September 2013

ALLAH YANG DAPAT DIKENAL
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 17:22-27
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Melihat betapa penduduk Atena begitu antusias untuk beribadah, bahkan mendirikan mezbah yang ditujukan kepada “Allah Yang Tidak Dikenal”, rasul Paulus terpanggil untuk memperkenalkan kepada mereka tentang Allah yang benar; Allah yang dapat dan mau dikenal!  Siapakah Dia?

Allah Yang Dapat Dikenal
Inilah secuplik gambaran tentang Allah yang hendak diperkenalkan rasul Paulus kepada penduduk di kota Atena.  Dia adalah:
1. Allah yang menjadikan bumi dan segala isinya;
2. Tuhan (= Penguasa) atas langit dan bumi;
3. Tidak diam dalam kuil/bangunan buatan tangan manusia;
4. Tidak dilayani oleh tangan manusia.  Dia sama sekali tidak kekurangan
   suatu apapun, tak pula Ia hidup dari pemberian manusia;
5. Pemberi hidup, nafas dan segala sesuatu kepada semua orang!

Haleluya!  Dia adalah Allah di atas segala allah!  “Dengan siapa hendak kamu samakan Aku, seakan-akan Aku seperti dia? firman Yang Mahakudus.   Arahkanlah matamu ke langit dan lihatlah: siapa yang menciptakan semua bintang itu dan menyuruh segenap tentara mereka keluar, sambil memanggil nama mereka sekaliannya?  Satupun tiada yang tak hadir, oleh sebab Ia maha kuasa dan maha kuat” – Yesaya 40:25-26.

Kehidupan & Berkat
Adalah kehendak Allah bahwa saudara dan saya beroleh kehidupan dan berkat – bukan kematian & kutuk!  Langit dan bumi menjadi saksi atas pilihan yang Ia tawarkan kepada manusia! 

“Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk.  Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu” – Ulangan 30:19.

Kehidupan dan berkat melimpah hanya ada di dalam Allah yang benar dan dapat dikenal.   Di luar itu, hanya ada kematian dan kutuk.

“Janganlah engkau sujud menyembah kepada allah mereka atau beribadah kepadanya, dan janganlah engkau meniru perbuatan mereka, tetapi haruslah engkau memusnahkan sama sekali patung-patung berhala buatan mereka, dan tugu-tugu berhala mereka haruslah kauremukkan sama sekali.  Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu” – Keluaran 23:24-25. 

Mencari Allah Yang Memiliki Nama
“Dari satu orang saja (Bahasa Inggris: “From one blood…”) Ia telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi dan Ia telah menentukan musim-musim bagi mereka dan batas-batas kediaman mereka, supaya mereka mencari Dia dan mudah-mudahan menjamah dan menemukan Dia, walaupun Ia tidak jauh dari kita masing-masing.” – Kisah Para Rasul 17:26-27.

Allah menempatkan sesuatu yang kekal dalam hati setiap manusia -> kekekalan yang mendorong manusia mencari sesuatu/seseorang untuk dikasihi, dipuja, disembah! 

Sudahkah saudara menemukan Allah yang mau dan bisa dikenal?  Pemberi nafas dan kehidupan; Pencipta langit, bumi dan segala isinya?  Pastikan saudara menyembah dan beribadah hanya kepada Allah yang memiliki Nama, yaitu Tuhan Yesus Kristus!  Sebab keselamatan hanya ada di dalam NamaNya!

“Dengan siapa hendak kamu samakan Aku, seakan-akan Aku seperti dia? firman Yang Mahakudus.”  TIDAK ADA!  Dia adalah Allah Maha Kuasa yang tak tertandingi.  Puji Tuhan!

Mari gunakan waktu yang ada untuk mencari Tuhan, selagi Ia berkenan ditemui.  Sebab waktunya akan tiba dimana Ia tak lagi bisa ditemui! Tuhan Yesus memberkati saudara!
 

Must Read