Siasat licik

Barangsiapa menggali lobang akan jatuh ke dalamnya, dan barangsiapa mendobrak tembok akan dipagut ular. Pengkhotbah 10:8

Anak tertua saya bercerita tentang akal bulus teman satu kelasnya di SMP. Karena takut sepatunya basah akibat hujan keras yang turun, Deo menyimpan sepatunya dalam kantong plastik. Rencananya sesampai di sekolah baru akan dikenakannya. Sialnya ketika sudah di angkot, ia baru sadar sepatunya tertinggal di rumah. Tidak kehilangan akal Deo turun di depan Alfamart. Ia membeli betadine dan perban lalu membubuhi betadine pada kakinya yang tidak sakit sama sekali kemudian diperban. Bersandal jepit ia lanjut ke sekolah. Pikirnya bila guru bertanya kenapa tidak pakai sepatu, ia punya alasan jitu untuk menjawabnya. Deo masih berusia 13 tahun.

Tanpa diajar sekalipun bahkan seorang anak dapat merancangkan siasat licik. Jadi janganlah heran bila kita menjumpai ada orang-orang di sekitar kita yang melakukannya untuk mencapai ambisi mereka. Dan bila kita menjadi sasaran kelicikan orang, janganlah takut dan tawar hati. Hukum Allah jelas: Siapa menyesatkan orang jujur ke jalan yang jahat akan jatuh ke dalam lobangnya sendiri, tetapi orang-orang yang tak bercela akan mewarisi kebahagiaan – Amsal 28:10.

Allah pegang kendali atas hidup kita. Tidak ada satu perkara yang menimpa kita, luput dari mata Allah. Allah pasti bertindak. Orang yang merancangkan kejahatan atas kita pasti terperangkap oleh kejahatannya sendiri. Sementara berkat yang telah Allah siapkan bagi kita akan tetap menjadi milik kita. Asal kita tidak terpancing membalas kejahatan dengan kejahatan juga.

Saya percaya Roh Kuduslah yang menggerakan saya menulis tentang ini. Sebab ada beberapa orang yang menjadi begitu kecewa karena merasa selalu jadi korban ambisi orang lain dan kompetisi yang tidak sehat. Allah sedang berurusan dengan Anda. Anda ada dalam rencana damai sejahtera Allah. Siapapun Anda, apapun posisi Anda sekarang, Allah siap untuk mengangkat Anda kembali. Peganglah yang baik dan lakukanlah yang tak bercela. Allah setia kepada hukum dan janji-Nya.

Hari ini bersyukurlah kepada Allah. Bersyukurlah untuk semua perbuatan baik-Nya dan kesetiaan-Nya atas kita. Allah sangat mengasihi kita.(TW) 

Doa: Tuhan Yesus,  kepada-Mu aku berseru dan daripada-Mu datang pertolongan atasku. Amin.

Must Read