Kemerdekaan Sejati

“Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita.” (Gal 5 : 1a)

Bahwa sesungguhnja kemerdekaan itu jalah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu maka pendjadjahan diatas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan. Demikianlah bunyi alinea pertama dari Piagam Jakarta 22 Juni 1945.

 

Semua manusia menghendaki adanya kemerdekaan, dalam arti memiliki kebebasan untuk hidup, berusaha, bekerja, melakukan semua aktivitas dan kegiatan sehari-hari, sehingga tidak merasa tertekan, teraniaya, terikat dan bebas dari ketakutan.

Kemerdekaan adalah suatu keadaan yang baik bila dijalankan dengan benar dan tidak memiliki akibat atau ekses yang merugikan orang lain. Jika tidak, kemerdekaan itu merupakan kemerdekaan yang semu, tidak mendasar, dan dapat menimbulkan kekacauan.

Kemerdekaan secara jasmani tidak ada faedahnya jika tidak disertai dengan kemerdekaan secara rohani, yang diwarnai dengan adanya kedamaian, kesejahteraan, ketentraman, ketenangan, sukacita, dan kebahagiaan. Tidak semua kemerdekaan secara jasmani yang selalu disertai dengan kemerdekaan secara rohani.

Kristus telah memerdekakan agar kita memiliki kemerdekaan yang sempurna, jasmani maupun rohani. Kita dimerdekakan dari dari kutuk dosa, pehukuman Allah dan kematian kekal karena Dia telah mati menebus dosa kita dan bangkit untuk membenarkan kita di hadapan Allah. Yesus Kristus memberikan kemerdekaan yang sejati dan yang sempurna bagi mereka yang percaya kepada-Nya.

Oleh karena itu, sepatutnya kita bersyukur kepada Tuhan untuk kemerdekaan yang telah diberikan-Nya kepada kita. Mari kita nikmati dengan melakukan pekerjaan dan perbuatan yang baik. Jangan kita pakai kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk hidup dalam dosa dan melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan Tuhan. (Gal 5 : 13)

Sangat menyedihkan bila kita mendengar adanya orang-orang Kristen yang saat ini dihukum dalam penjara karena melakukan tindakan kriminal. Mereka tidak dapat menikmati kemerdekaan secara jasmani dan rohani karena dosa dan kejahatan yang mereka lakukan. Jadilah orang Kristen yang sungguh-sungguh merdeka. (PHM)

Doa: Terima kasih Tuhan buat kemerdekaan sejati yang Engkau berikan. Tolongku untuk menjalaninya dengan baik dan benar. Amin.

Must Read