HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanLebih Kuat Dari Kebencian

Lebih Kuat Dari Kebencian

Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Lukas 23:34
       
Suatu malam nan sejuk di bulan April, tahun 1958, seorang Korea berusia 26 tahun dari pertukaran mahasiswa, bernama In Ho Oh, berjalan menuju ke bis surat di sudut jalan di Philadelphia untuk memposkan surat. Sementara berjalan kembali ke apartemen pamannya, ia secara brutal diserang oleh sebuah gang dari teenagers yang menginginkan sejumlah uang untuk berdansa. Ketika polisi tiba, In Ho tergeletak tak sadarkan diri di trotoar. Tidak lama kemudian ia meninggal di rumah sakit terdekat.

Berita tentang pembunuhan yang tak berperikemanusiaan ini membuat murka banyak orang di seluruh Amerika dan Kanada. Tetapi di belahan dunia yang lain, orang-tua In Ho menemukan kemenangan di dalam tragedi ini. Inilah yang mereka tulis kepada penguasa di Philadelphia: “kami berterimakasih kepada Tuhan bahwa Ia memberi kami suatu rencana dimana kesedihan kami diubahkan ke dalam maksud tujuan kristiani. Adalah pengharapan kami bahwa kami dapat dengan cara bagaimanapun menjadi penolong dalam keselamatan dari jiwa-jiwa … dari para pembunuh. Keluarga kami telah bertemu dan memutuskan untuk mengajukan petisi (surat permohonan), bahwa kemungkinan perlakuan kedermawanan (the most generous treatment) sesuai hukum pemerintahan anda diberikan kepada mereka yang telah melakukan aksi kriminal itu … Seluruh keluarga kami memutuskan untuk menabung uang untuk mendanai teenagers itu sesudah mereka dibebaskan, bagi keagamaan, pendidikan, dan bimbingan sosial mereka.”

Hanya mereka, yang telah mendengar di kedalaman hati sendiri, perkataan dari Juruselamat, “Bapa, ampunilah mereka sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat”, dapat merespon seperti itu!(NVDK)  

Doa: Ya Tuhan, saat lain waktu aku diperlakukan tidak adil, tolong aku untuk membuktikan kepada dunia, bahwa kasih-Mu lebih kuat dari kebencian. Amin.

Must Read