Penuhi Panggilanmu

“Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu.” 2 Tim 4: 5

Ayat di atas merupakan sebuah nasehat yang dari seorang bapak rohani kepada anak rohaninya, yaitu dari Rasul Paulus kepada Timotius yang masih muda. Tentu banyak sekali nasehat-nasehat yang diberikan oleh Paulus sebagaimana yang dapat kita temukan dalam perikop tersebut, yang sangat berguna bagi Timotius untuk memenuhi panggilan pelayanannya dalam memberitakan Injil Kristus.

Kita juga menemukan di sana, Paulus menjelaskan bahwa ia telah menjadi seorang mentor rohani dan seorang guru yang dapat diteladani oleh Timotius. Ia menyatakan bagaimana ia telah menerjunkan diri sebagai peserta dalam pertandingan iman, dan ia telah mencapai garis akhir dalam pertandingan itu. Bahkan ia sudah mencurahkan darahnya untuk menggenapi tugasnya. Hal itulah juga yang dia kehendaki untuk dilakukan oleh Timotius sebagai seorang muridnya.

Beberapa waktu lalu ada seorang bapak bernama Arifin Wardianto berusia 54 tahun, seorang pegiat Anti Korupsi Independen Yogyakarta yang rela melukai dahinya sendiri di depan kantor Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta. Aksinya tersebut merupakan sikap protesnya atas maraknya kasus korupsi di Indonesia. Ia berani melukai dirinya sendiri sebagai protes terhadap apa yang menjadi kekecewaannya dan dianggapnya sebagai ketidakbenaran.
Bagaimanakah sikap kita terhadap maraknya kasus dosa dan kejahatan lainnya yang merupakan ketidakbenaran dan kejahatan di hadapan Allah dan manusia. Akankah kita berdiam diri dan tidak berani mengambil resiko untuk menderita bagi keselamatan mereka. Mari kita ikuti teladan Tuhan Yesus (Flp 2: 5-8) dan juga rasul Paulus dalam pemberitaan Injil. Mereka rela mengorbankan dan meninggalkan segala sesuatu yang mereka miliki untuk memberitakan Injil Nya. Marilah kita penuhi panggilan kita masing-masing dan kiranya Roh Kudus memberikan kekuatan dan kemampuan kepada kita untuk memikulnya.

Doa: Roh Kudus, kuatkanlah agar aku dapat bertahan dalam melayani Engkau dan memenuhinya sesuai dengan panggilanMu atas hidupku.Amin.

Must Read