Penghambat Utama

Tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu. Yesaya 59:2

Pernah saya terjebak kemacetan di jalan arteri yang menghubungkan Cakung dan Cilincing. Kendaraan saya berhenti di belakang truk container sehingga sukar melihat ke depan. Hampir 1 jam truk container di depan saya tidak kunjung bergerak. Saya berpikir, “Oh.. macet luar biasa ini!” Penasaran saya turun dari mobil dan berjalan ke depan truk container tersebut. Saya kaget bercampur marah sebab ternyata jalan di depan truk container tersebut telah lenggang dan sang supir truk tertidur dengan manisnya. Entah sudah berapa menit saya terhambat hanya karena supir yang tertidur. Sungguh menjengkelkan!

Kadang perasaan jengkel kepada Tuhan timbul dalam hati oleh sebab doa yang tak kunjung dijawab. Kita beranggapan Tuhan sudah tidak lagi mengasihi kita. Sebagian dari kita bahkan mungkin pernah berpikir untuk tinggalkan Tuhan. Atau bahkan menganggap bahwa Tuhan itu tidak ada. Tuhan sudah kehilangan kuasa-Nya untuk menolong kita.

Benarkah demikian? Jangan cepat berprasangka buruk tentang Tuhan. Kasih-Nya kepada kita tetap, dan Ia senantiasa siap menjawab doa kita. Tuhan selalu bersedia tolong kita. Tetapi yang menjadi penyebab Ia terhenti sejenak adalah karena dosa kita. Sebab kita tahu ganjaran dosa itu hukuman bukan berkat. Jadi bagaimana mungkin Tuhan dapat melepaskan kita bila ternyata didapati kita berdosa. Seharusnya justru kita dihukum karena dosa kita.

Tetapi bila kita datang dengan kerendahan hati memohon pengampunan, Tuhan pasti menghapuskan dosa kita. Selebihnya Ia akan kembali menjadi Allah yang mengasihi kita dan menjawab semua pergumulan kita.
Hari ini adalah kesempatan yang baik bagi kita untuk melihat ke dalam hati kita. Bila kita menjumpai dosa, bereskan itu di hadapan Tuhan. Jangan biarkan dosa menghambat segala yang baik yang hendak dikerjakan Tuhan bagi kita. Dosa adalah penghambat utama semua pertolongan Tuhan. Bila penghambat itu disingkirkan, maka berkat Allah tercurah deras menghujani kita. Sudahkah kita meminta ampun atas dosa kita?(tw)

Doa: Tuhan ampunilah dosaku dan lepaskanlah aku dari pencobaan yang menghadangku. Amin.

Must Read