Lebih Dari Uang

Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,  dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. Roma 3:23-24

Di satu perempatan jalan raya, lampu lalulintas menyala merah. Satu mobil mewah berhenti menunggu lampu berganti hijau. Di tepi jalan tampak seorang ibu tua berpenampilan lusuh, sepertinya dia adalah seorang peminta-minta. Sejenak kemudian jendela mobil terbuka dan satu tangan yang memegang uang ribuan terulur keluar. Ibu tua itu segera mengambil uang itu dengan penuh rasa syukur.

Saudara terkasih, peristiwa di atas adalah hal yang sudah biasa terlihat di sekitar kita. Satu hal yang kita sama-sama tahu, ibu tua itu menerima pemberian tanpa melakukan sesuatu untuk si pemberi. Ketika seseorang menerima pemberian tanpa usaha dan tanpa imbal balik kepada si pemberi, orang ini sedang menerima kasih karunia dari si pemberi. Kasih karunia adalah murni pemberian yang didorong oleh belas kasihan, tanpa meminta balas jasa atau pasang harga.

Demikian pula Allah dengan penuh belas kasihan telah menyatakan kasih karunia kepada umat manusia supaya manusia yang telah jatuh dalam dosa dapat diselamatkan dari maut dan dapat memiliki kembali hubungan dengan Allah. Kasih karunia ini dinyatakan melalui kematian Yesus di atas kayu salib dan kebangkitan-Nya kembali sebagai bukti kemenangan atas maut. Orang yang percaya kepada Yesus akan menerima keselamatan yang dari Allah. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Yoh.3:16.

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, apabila seorang peminta-minta dengan cepat menerima pemberian uang karena ia tahu kalau ia dapat menyambung hidupnya dengan uang itu, Allah memberi lebih daripada itu. Apa yang Allah berikan adalah kehidupan kekal yaitu kehidupan roh kita bersama-sama dengan Allah sendiri setelah kita mengalami kematian secara tubuh atau jasmani. Sudah selayaknya pemberian ini harus diterima cepat-cepat dengan penuh rasa syukur. Terimalah kasih karunia-Nya melalui Yesus Kristus!(BA)

Doa: Yesus, aku  percaya Engkau adalah Tuhan.  Aku percaya Engkau bangkit dari kematian. Jadilah Juruselamat yang menebusku dari dosa-dosaku. Amin.

Must Read