Nama Yang Harum

“Nama yang harum lebih baik daripada minyak yang mahal.” (Pkh 7: 1a)

Saya pernah melihat iklan yang dibuat oleh perusahaan pembuat kolam renang yang berkata: “Our pool is signed by our name.” Iklan tersebut hendak memberitahukan bahwa kolam renang yang mereka buat benar-benar berkualitas dan tidak diragukan mutunya karena dijamin dengan nama mereka sendiri yang dikenal baik. Calon pelanggan tidak perlu merasa ragu-ragu untuk memberikan pekerjaan kepada mereka karena dijamin pasti tidak akan mengecewakan.

Tahukah saudara, bahwa ketika saudara menerima Tuhan Yesus dalam hidup saudara dan dibaptiskan, maka nama Tuhan telah dimeteraikan di atas kehidupan saudara dan sekarang saudara telah menjadi milik Tuhan. Tidak ada yang boleh mengganggu saudara tanpa seizin Tuhan selaku pemilik kehidupan saudara, bahkan Iblis pun tidak berhak menyentuh anak-anak Tuhan. Ingat kisah Ayub dimana Iblis meminta izin Allah dulu untuk mencobai kesalehan Ayub kepada Allah.

Kalau nama Tuhan yang menjadi meterainya, siapakah yang akan menggoda milik Tuhan? Dialah yang akan membela, sehingga tidak ada yang berani mengganggu saudara. (Rm 8 : 31-33) Puji Tuhan.

Minyak yang harum berasal sekumpulan bunga yang harus melalui suatu proses pengolahan yang panjang dan menyakitkan, demikian juga kita harus melalui proses kehidupan yang seringkali sangat menyakitkan, tetapi tetap harus dijalani agar pada akhirnya keluarlah keharumannya.

Karena itu, usahakanlah tetap menjaga nama harum saudara lewat perbuatan dan tingkah laku yang benar di hadapan Allah dan manusia, juga ketika saudara harus melalui proses kehidupan itu. Jangan biarkan keharumannya menjadi rusak sehingga akhirnya menjadi ejekan dan bahan sindiran orang.  (I Tim 3: 7)

Dalam menjalani kehidupan ini hendaknya kita selalu menyadari bahwa kita membawa nama Tuhan, sehingga jika nama kita menjadi rusak maka nama Tuhan juga yang akan dipermalukan. Karena itu berusahalah untuk selalu menjaga keharuman nama saudara.(phm)

Doa: Ingatkan daku Tuhan bahwa namaMu telah dimeteraikan atas kehidupanku. Tolongku untuk menjaga keharuman namaku, sehingga namaMu dipermuliakan lewat kehidupanku. Amin.

Must Read