HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 22 Juni 2014

Khotbah Minggu, 22 Juni 2014

KEDIAMAN ORANG BIJAK       
Ayat Pokok: Amsal 21:20
Oleh: Pdt. Thomas Runkat, Bandung

Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya.

Penulis kitab Amsal adalah Salomo – seorang raja besar Israel dan merupakan satu-satunya orang yang dikaruniai oleh Allah, “hikmat dan pengertian yang amat besar, serta akal yang luas seperti dataran pasir di tepi laut,  sehingga hikmat Salomo melebihi hikmat segala bani Timur dan melebihi segala hikmat orang Mesir.  Ia lebih bijaksana dari pada semua orang…”  – 1 Raja-Raja 4:29-31.
 

Orang Bijak vs Orang Bebal
Orang Bijak
Orang pandai belum tentu bijak.  Seorang bisa memiliki sederet gelar di depan dan belakang namanya.  Namun tanpa hikmat dari Tuhan, sia-sia semua gelar pendidikan yang diraihnya!

Elimelekh adalah salah satu contoh orang yang kurang bijak.  Ketika bala kelaparan melanda, Elimelekh serta merta membawa isteri dan kedua puteranya pergi meninggalkan Bethlehem (= rumah roti) ke Moab – tanpa terlebih dulu mencari kehendak Tuhan! 

Maksud hati menyelamatkan diri dari kelaparan jasmani, justru musibah yang dituai.   Elimelekh dan kedua puteranya meninggal di Moab – Rut 1.

Orang Bebal
Orang yang memboroskan harta disebut bebal oleh Salomo!  Dalam Perumpamaan Anak Yang Hilang, si bungsu memboroskan seluruh harta miliknya dengan hidup berfoya-foya, sampai akhirnya jatuh melarat – Lukas 15:13-16.

Jadilah bijak!  Biasakan untuk berdiam diri dan mencari Tuhan.  Seperti Daud, kiranya setiap saudara dan saya senantiasa mencari kehendak Tuhan sebelum melakukan sesuatu.

Harta & Minyak
Apa isi rumah seorang bijak?  Harta yang indah & Minyak – demikian tulis satu-satunya orang paling berhikmat yang pernah hidup.

Ketika Amalek menaklukkan Ziklag dan menawan semua penduduk termasuk isteri dan anak-anak Daud, ia dan rakyatnya menangis “dengan nyaring, sampai mereka tidak kuat lagi menangis.”  Tetapi Puji Tuhan, “Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya” – 1 Samuel 30:1-6.

Seluruh harta perempuan yang 12 tahun menderita sakit pendarahan habis untuk berobat.  Tapi saat mendengar tentang Yesus, iman pun timbul.  Katanya, “Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh” – Matius 5:26-28.  Saat tekanan dan pencobaan hidup begitu berat, kita hanya bisa lari kepada Tuhan Yesus.

Apakah saudara termasuk dalam kelompok orang bijak yang memiliki harta yang indah dan minyak?  Tuhan kiranya tolong saudara dan saya tetap memiliki iman yang kokoh dan senantiasa penuh dengan Roh Kudus.  Puji Tuhan.  Tuhan Yesus memberkati!

Must Read