WAKTUNYA TUHAN

“Maka mengandunglah Sara, lalu ia melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abraham dalam masa tuanya, pada waktu yang telah ditetapkan, sesuai dengan firman Allah kepadanya.” (Kej 21:2)

Kalau kita membaca Alkitab, seringkali kita menemukan fakta bahwa Allah bekerja pada waktu yang tepat, yaitu menurut waktuNya Allah sendiri. Sebaliknya, manusia yang seringkali kurang sabar menunggu waktunya Tuhan dan memutuskan untuk mengambil jalan pintas seperti pergi ke dukun, paranormal, nabi palsul dsb.

Sara sudah berumur sembilan puluh tahun dan ia telah sangat lama menantikan kehadiran seorang anak dalam rumah tangganya. Penantiannya adalah hal yang membosankan dan membuat Sara kehilangan kesabaran. Karena itu ia mengambil jalan pintas dengan meminta Abraham mengambil Hagar hambanya untuk menjadi istri muda supaya dapat menghasilkan keturunan baginya.

Waktunya Tuhan seringkali tidak dapat diprediksi, tetapi jika kita bergaul karib dengan Dia, maka Tuhan dapat menyatakan rencana, kehendak dan waktuNya lewat pekerjaan Roh Kudus dalam diri kita. (I Kor 2: 9-11) Banyak kesaksian dari anak-anak Tuhan yang menceritakan bagaimana Tuhan menyatakan waktuNya ketika Ia hendak memanggil pulang orang-orang yang mengasihi Dia untuk kembali ke rumah Bapa, maupun dalam berbagai pengalaman hidup lainnya.

Allah juga mau memberikan kepada saudara apa yang sangat dirindukan selama ini. Barangkali itu adalah seorang anak, sebuah pekerjaan, seorang jodoh, sebuah bisnis, sebuah rumah tinggal, suatu mujizat kesembuhan, penyelesaian masalah keluarga dan sebagainya.

Tetaplah hidup kudus dan berkenan di hadapanNya. Jangan berusaha untuk mengambil jalan pintas karena hal itu pada akhirnya akan menyusahkan saudara sendiri. Berdoalah supaya Tuhan mau memberikan yang terbaik bagi saudara pada waktuNya. Bersabarlah dan percaya serta berpegang terus kepada janji Tuhan yang terdapat dalam FirmanNya. Kasih karunia Tuhan tidak pernah meninggalkan anak-anakNya. Ia bekerja pada waktuNya untuk menjawab doa dan memberikan kepada saudara apa yang dirindukan. Puji Tuhan. (phm)

Doa: Tuhan, seringkali aku kurang sabar menantikan waktuMu. Ajarku untuk percaya terus kepada janjiMu dan jangan biarkan aku mencari jalan pintas yang tidak berkenan kepadaMu.  Amin.

Must Read