Menjadi Putih

… Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba. (Yesaya 1:18)

Ada beberapa orang pernah bertanya, “Apakah Tuhan mau mengampuni dosa saya?” Pertanyaan ini mereka sampaikan karena mereka merasa sudah sangat banyak berbuat dosa sehingga menganggap diri mereka tidak layak untuk diampuni. Mungkin menurut takaran manusia, seseorang yang banyak berbuat dosa tidak bisa diampuni lagi dosanya. Hal ini tidak lain karena memang manusia tidak memiliki kuasa untuk mengampuni dan menghapuskan dosa seseorang.

Lain halnya dengan pribadi Yesus yang berkuasa untuk mengampuni dosa manusia karena Yesus adalah Tuhan sendiri yang turun ke dunia dalam rupa manusia. Seperti kisah dalam Injil Yohanes 8, dimana seorang perempuan kedapatan berbuat zinah. Orang banyak sudah hendak menjatuhkan hukuman padanya, tetapi Yesus dengan kuasaNya sanggup melepaskan perempuan ini dari hukuman yang seharusnya pantas ia terima.

Begitu juga dalam Markus 2 tentang orang lumpuh yang disembuhkan, pada ayat 5 Yesus berkata: “Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!” Banyak orang sinis dengan perkataan Yesus ini, tetapi Yesus tahu pikiran mereka sehingga Yesus menegaskan lagi pada ayat 10: “Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa.”

Berapa besar pun dosa kita, Yesus mau mengampuni kita. Sekali pun dosa kita merah, Yesus sanggup mengubahnya menjadi putih. Kuncinya adalah: Percaya bahwa Yesus Kristus telah menebus dosa kita dan berbaliklah dari jalan-jalan kita yang jahat. Puji Tuhan! (ba)

Doa: Terima kasih Tuhan Yesus, karena Engkau telah menebus dosaku. Semua karena kasihMu yang sangat besar kepadaku. Terima kasih Tuhan, amin.

Must Read