DIPERCAYA UNTUK BERTANGGUNGJAWAB

Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut. (Lukas 12:48)

KTP atau Kartu Tanda Penduduk mempunyai hubungan erat dengan kata ‘percaya’. Ini terbukti dari banyak hal. Bekerja, mengurus surat kelakuan baik, mengurus surat perkawinan, membuat paspor; hampir dalam setiap urusan kita selalu ditanya tentang KTP. Lancarnya urusan kita secara tidak kita sadari sangat ditunjang oleh rasa percaya. Bila orang tidak percaya kepada anda, pastilah anda mendapat banyak kesulitan. Dalam setiap urusan, rasa percaya memang nomor satu. Tanpa kepercayaan, kita tidak akan bisa bekerjasama dengan orang lain.

 

Namun perlu diingat, kalau kita dipercaya orang, kita juga dipercaya untuk bertanggungjawab. Semakin besar kepercayaan orang yang diberikan kepada anda, berarti tanggung jawab anda semakin besar pula. Anda memang sepatutnya berbahagia bila mendapat kepercayaan yang besar dari orang lain. Tetapi itu tidak berarti anda boleh berbuat seenaknya. Kalau kita dipercaya orang lalu berlaku seenak kita sendiri, maka orang tidak akan percaya lagi terhadap diri kita. Memang begitulah, kepercayaan yang diberikan kepada kita, semuanya menuntut pertanggunganjawab.

Pelayanan ganda yang diteladankan Yesus kepada Gereja menuntut pertanggunganjawab kita untuk melaksanakannya. Matius 9:35, “Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga … .” Kepercayaan yang Dia berikan kepada kita untuk mengajar dan memberitakan Injil, karena kita telah menerima amat banyak dari Dia untuk disalurkan dan diteruskan kepada orang lain. Tugas mengajar dan menginjil adalah keharusan untuk setiap pelayanan rohani. Memberitakan Injil memegang peranan besar dan penting di dalam pelayanan Kristus dan Gereja Awal.

Gereja (Zaman) Akhir dipercaya untuk bertanggungjawab pada panggilan sorgawi dalam mengemban perintah untuk memberitakan Injil. Mari, kita selesaikan tugas kita!(nvdk)

Doa: Tuhan Yesus, aku mau menggenapi panggilanMu atas hidupku. Amin.

                                                                                                                                 (NVDK)