HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 28 Desember 2014

Khotbah Minggu, 28 Desember 2014

Yesus Adalah Terang
Ayat Pokok: Matius 16:13-18
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Dalam ayat pokok, Yesus menyebut Anak Manusia, sebab Yesus dilahirkan oleh seorang manusia. Namun di ayat 15 Yesus bertanya kepada murid-muridNya, “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Jawab Simon Petrus (ayat 16): “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Mesias artinya Kristus yaitu “Yang Diurapi”. Jawaban Petrus merupakan ilham dari Allah.

Yesus datang ke dunia 2000 tahun yang lalu, lahir di kandang Betlehem. “Ia adalah cahaya kemuliaan Allah …” (Ibrani 1:3). Dulu Allah tersembunyi bagi manusia karena Allah memiliki kemuliaan yang sangat mulia. Tetapi melalui Yesus, Allah dinyatakan. Kita bisa melihat Allah dengan melihat Yesus yang merupakan cahaya kemuliaan Allah. Jadi Yesus bukan baru ada saat Ia dilahirkan, melainkan sebelum ada apa-apa sesungguhnya Yesus sudah ada. Dalam Yesaya 9:2 diceritakan tentang “Bangsa yang berjalan dalam kegelapan telah melihat terang yang besar, …” Yesus adalah terang itu. Ia adalah juga gambar wujud Allah. Percaya kepada Yesus berarti percaya kepada Allah, sebab Ia adalah Allah. “… mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar. (3) Engkau telah menimbulkan banyak sorak sorai, dan sukacita yang besar; mereka telah bersukacita di hadapan-Mu, seperti sukacita di waktu panen, … “ Keadaan suatu negeri yang semula sudah habis, dapat dipulihkan, musin panen datang kembali. Yesus penuh kemurahan. Dia akan memberi kepada kita bila kita ada di dalam Dia.

Yesus lahir, mati dan bangkit dari kematian. Bila kita percaya, maka kita akan menjadi anak-anak Allah; anak-anak Terang. Sebab Yesus lahir sebagai Terang Dunia. Bawalah terang itu ke dalam dunia yang gelap ini sehingga nama Tuhan dipermuliakan.

Yesus ditetapkan sebagai Pewaris dari segala apa yang telah ada. Ia duduk di sebelah kanan Allah Bapa, dan kita akan duduk bersama-sama dengan Dia. Mari, kita teruskan terang itu, mengusir kegelapan dunia ini, membawa damai sentosa. Semua orang harus tahu siapa Yesus. Sekali Yesus, tetap Yesus!
Haleluya! Tuhan Yesus memberkati saudara.

Must Read