HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Tahun Baru, 1 Januari 2015

Khotbah Tahun Baru, 1 Januari 2015

POKOK ANGGUR YANG BENAR
Ayat Pokok: Yohanes 15-1-8
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Yesus adalah Pokok Anggur yang benar!  “Benar” disini berarti ‘asli’, ‘sungguh’ – bukan palsu!  Bapa ialah Pengusahanya.  Setiap pengusaha kebun anggur tentu berharap akan memetik banyak buah dari setiap pokok anggur yang dikerjakannya. 

 
Ranting Anggur
Saudara dan saya adalah ranting-ranting yang melekat pada Yesus – Pokok Anggur yang benar!  Dan Ia berharap kita menghasilkan banyak buah bagiNya.

Namun, meski melekat pada satu pokok anggur yang sama, nyatanya ranting yang satu berbeda dari ranting lainnya.  Ada ranting yang:
1. Tidak berbuah -> langsung dipotong dan dicampakkan ke dalam api;
2. Berbuah;
3. Lebih banyak berbuah (setelah ranting dibersihkan); dan
4. Amat banyak berbuah.

Kebun Anggur Allah
Awalnya, Israel adalah kekasih, kebun anggur Allah yang terletak di lereng bukit yang subur!  Berbagai upaya dikerjakan Allah untuk mendapatkan buah anggur yang baik.  Tetapi apa yang diperolehNya?  Buah anggur asam! 

Dan hukuman Allah pun turun:
– pagar duri ditebang, sehingga kebun dimakan habis;
– tembok dilanda, sehingga kebun diinjak-injak;
– kebun ditumbuhi semak-semak, tidak dirantingi, tidak disiangi,
  sehingga tumbuh puteri malu dan rumput;
– hujan tidak turun ke atasnya!
Yesaya 5:1-7.

Penglihatan tentang dosa dan kejahatan umat pilihan Allah telah dilihat nabi Yesaya – Yesaya 1:2-9.

Israel telah berubah menjadi pohon berbau busuk, pohon anggur liar – Yeremia 2:20-21!  Israel telah berpaling jauh dari padaNya!  Mereka membuat banyak mezbah dan tugu berhala, membual, bersumpah dusta, berhati licik – Hosea 10:1-4!  Karena itu, Israel “tercabut dalam kemarahan, dilemparkan ke bumi;… sekarang ia tertanam di padang gurun, di tanah yang kering dan haus akan air…” – Yehezkiel 19:10-14.

Pemulihan
Pemulihan bisa terjadi kalau Israel mau bertobat – Mazmur 80:9-14.  Dari seorang penganiaya, pembunuh umat Tuhan, rasul Paulus diubah dan dipakai Tuhan menjadi seorang rasul besar dan penuh kuasa.  Haleluya!

Rasul Paulus rindu untuk pergi mengunjungi jemaat di Roma: untuk “menemukan buah”, yakni orang-orang yang mau memberitakan Injil dan membawa jiwa bagi Tuhan – Roma 1:13-15!  Demikianlah Allah pun rindu mendapati saudara dan saya berbuah amat lebat!  Sudahkah kita melekat pada Pokok Anggur yang Benar dan menghasilkan banyak buah bagi kemuliaanNya? 

Selamat Memasuki Tahun 2015 & Selamat Berbuah Amat Lebat!  Tuhan Yesus memberkati saudara!
 

Must Read