HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 4 Januari 2015

Khotbah Minggu, 4 Januari 2015

Kamu Adalah Terang Dunia
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
Ayat Pokok: Matius 5:14

Terang menghalau kegelapan. Dimana ada terang, di sana kegelapan sirna. Puji Tuhan, Dia menjadikan saudara dan saya terang bagi dunia dan mereka yang hidup dalam kegelapan!

“Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.”

Terang
Allah adalah terang! “Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.” – 1 Yohanes 1:5

Yesus adalah Cahaya Kemuliaan Allah! “Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah…” – Ibrani 1:3 Allah tidak kelihatan, namun kemuliaan-Nya bisa dilihat dari cahaya terang yang terpancar dari Yesus.

Roh Kudus adalah Kemuliaan -> memiliki Terang! “… kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.” – 2 Korintus 3:18

Allah Tritunggal yang adalah Terang, telah mengangkat dan mempercayakan saudara dan saya menjadi sama seperti Dia: menjadi terang!

“Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalahterang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang.” – Efesus 5:8

Kamu Adalah Terang Dunia
Allah menjadikan kita terang dengan satu misi: menerangi dunia yang gelap, terutama orang-orang yang hidup dalam kegelapan!

“Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” – Matius 5:15-16

Jadi, terang yang diberikan Tuhan kepada kita tidak boleh disimpan! Kita harus hidup sebagai anak-anak terang yang menghasilkan buah kebaikan, keadilan dan kebenaran – Efesus 5:8-9. Haleluya!

Allah mau agar terang-Nya yang ada pada saudara dan saya terpancar dalam perbuatan; menjadi contoh bagi orang di sekitar, sehingga mereka akan memuliakan Allah! Lebih jauh lagi, Ia menghendaki kita “… menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi.” Yesaya 49:6!

Mari, masuki tahun 2015 dengan ketetapan hati untuk menjalankan misi yang Tuhan berikan: menjadi terang, bercahaya atas kehidupan orang di sekitar kita, untuk kemuliaan Bapa di sorga. Puji Tuhan! Tuhan Yesus memberkati saudara!

Must Read