HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKKR Hari Kenaikan Tuhan Yesus, 14 Mei 2015

KKR Hari Kenaikan Tuhan Yesus, 14 Mei 2015

TIGA FAKTA TENTANG ROH KUDUS
Oleh: Rev. Daniel W. Peterson (USA)

Seorang perempuan yang sudah 12 tahun sakit pendarahan telah mendatangi semua tempat pertolongan duniawi, tetapi tidak ada yang sanggup menolongnya, tidak ada harapan bagi dia. Namun kemudian dia mendengar tentang Yesus. Timbul keyakinan dalam dirnya bahwa kalau dia bisa menjamah ujung jubah Yesus, maka ia memiliki harapan.
Tenaga manusia tidak cukup mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi hari-hari ini.

 

Saudara dan saya membutuhkan pertolongan Roh Kudus. Ada tiga fakta tentang Roh Kudus: 

1. Manusia tidak diciptakan untuk mengandalkan kekuatan sendiri
Semua yang kita terima dari Tuhan, kita terima dengan iman. Tidak ada sesuatu yang kita terima dari tangan Allah kecuali digerakkan oleh iman. Untuk menerima Roh Kudus memerlukan iman. Roh Kudus adalah suatu karunia yang diberikan bagi orang percaya dalam Yesus.

2. Setiap keadaan mandul / tandus membutuhkan pertolongan dan kehadiran Roh Allah (Roh Kudus)
Yesaya 32:10-15 – Menggambarkan suatu keadaan di mana tidak ada hasil. Tidak ada lagi pohon anggur, kesukaan seolah-olah sudah lenyap. Keadaan mandul / kering tidak bisa berdiri di hadirat Roh Kudus. Roh Kudus akan tetap bekerja walaupun kita merasa lelah. Roh Kudus akan memperbarui dan mengerjakan suatu mujizat dalam hidup saudara. Roh Kudus adalah jawaban untuk keadaan kekeringan.

Roh Kudus dibutuhkan untuk memenuhi panggilan dan tugas Allah yang diberikan kepadamu (Lukas 24:49). Roh Kudus mau bekerja sedemikian rupa hingga saudara menyadari dan menghormati apa yang Ia mau kerjakan dalam hidup saudara.

Yesus menjadi teladan dalam hal mengandalkan Roh (Kisah Rasul 10:38).  Ada empat tahap dalam pengurapan Yesus:

  1. Roh datang ke atas Yesus (Lukas 3:21-22).
  2. Yesus penuh dengan Roh (kelimpahan Roh Kudus) – Lukas 4:1.
  3. Kuasa Roh (ay. 14).
  4. Mengurapi Yesus (ay. 18). Makna Roh Kudus dalam kehidupan kita bukan hanya untuk dinikmati, tetapi menjadi saluran berkat Allah bagi dunia sekeliling.

3. Yesus mempersiapkan murid-Nya untuk kedatangan Roh Kudus
Matius 28:16-20 – Yesus membawa murid-murid-Nya ke Galilea, dan berkata kepada mereka, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, …” “Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu” (Yohaes 14:12).
 

Must Read