Kesatuan Iman

sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus. (Efesus  4:13)

Kehidupan kerohanian jemaat dapat berbeda satu dengan lainnya. Mereka yang sudah lama di dalam Tuhan tidak selalu memiliki kerohanian yang lebih tinggi dari mereka yang baru percaya kepada Tuhan. Sebaliknya mereka yang baru bertobat kepada Tuhan dapat memiliki kerohanian yang lebih baik daripada mereka yang sudah lama bertobat. Hal itu tergantung pada seberapa jauh persekutuannya dengan Tuhan dan usahanya untuk mengenal Dia.

 

Dalam upaya kita untuk mengenal Tuhan, ada kalanya kita memerlukan nasehat dan pertolongan dari orang lain di dalam Tuhan. Untuk itu Tuhan telah menetapkan adanya beberapa jabatan dalam gereja yaitu rasul-rasul, nabi-nabi, pemberita-pemberita Injil, gembala-gembala dan pengajar-pengajar. (Efesus 4:11-12).

Mereka disediakan oleh Tuhan supaya semua orang percaya bertumbuh dalam iman dan memperlengkapi mereka bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sebagaimana yang Tuhan kehendaki. Sebagai anggota jemaat kita harus bersyukur kepada Tuhan buat kehadiran mereka dan menghormati mereka sebagai orang-orang yang dipercayakan Tuhan bagi kita.

Oleh karena itu, hendaknya dalam jemaat jangan sampai ada yang lebih menghormati seseorang dengan jabatan tertentu dibandingkan dengan jabatan yang lainnya, walaupun manusia cenderung bertindak subyektif. Misalnya lebih menghormati seorang gembala daripada penginjil atau pengajar. Tuhan sendiri tidak membeda-bedakan mereka, mengapa kita suka membuat perbedaan?

Hal itu nyata dalam tujuan Allah menghadirkan mereka dalam jemaat, yaitu agar seluruh jemaat mencapai kesatuan iman dan memiliki pengetahuan yang benar tentang Anak Allah. Apakah kita semua telah mencapai kesatuan iman seperti yang Tuhan kehendaki? Apakah kita telah memiliki pengetahuan yang benar tentang Anak Allah? Marilah kita bertumbuh bersama mencapai kedewasaan yang penuh sesuai dengan kepenuhan Kristus. (phm)

Doa: Terima kasih Tuhan untuk orang-orang dengan jabatan yang Kau berikan untuk membawa kami bertumbuh dalam pengenalan akan Engkau dan mencapai kedewasaan seperti Kristus. Amin.

Must Read