Saling Terkait

Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain. (Roma 12:4-5)

Anda pasti sering, atau setidaknya pernah menggunakan handphone sebagai alat untuk berkomunikasi. Handphone sebagai sarana komunikasi elektronik dibentuk dari beberapa rangkaian bagian (modul). Modul-modul tersebut antara lain: modul dasar (baseband), modul interface, modul display, modul sound, dan sebagainya. Modul-modul yang berbeda fungsi ini disatukan sampai akhirnya bisa menghasilkan fungsi handphone secara utuh. Apabila ada satu bagian yang mengalami kerusakan atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, handphone itu bisa dikatakan sudah rewel atau rusak.

Yang menarik, ada satu bagian sederhana dari sebuah handphone yang bentuknya seperti sekeping logam atau kadang seperti selembar plastik kecil, yang apabila terlepas atau tidak tersambung dengan baik, akan mengakibatkan handphone tersebut tidak bisa digunakan lagi karena mengalami apa yang disebut sebagai “no signal” alias tidak ada sinyal. Bagian yang sederhana tapi sangat penting itu adalah antena.

Bila kita renungkan, ada kemiripan antara gambaran di atas dengan kehidupan orang-orang percaya. Dalam Roma 12:4-5 dikatakan bahwa kita adalah satu tubuh di dalam Kristus, tapi masing-masing memiliki tugasnya sendiri. Mari kita sadari bahwa apa pun bentuk pelayanan yang kita sedang lakukan, itu adalah bagian dari fungsi tubuh Kristus secara utuh. Mungkin ada orang yang memandang sebelah mata terhadap pelayanan yang kita lakukan, karena pelayanan itu tampaknya sederhana. Tapi dengan pelayanan sederhana itulah tubuh Kristus menjadi lengkap dan bisa berfungsi dengan baik secara utuh.

Mari kita saling menopang dan menguatkan satu dengan yang lain sebagai kesatuan tubuh Kristus sehingga menjadi berkat bagi dunia ini supaya nama Tuhan ditinggikan dan dipermuliakan! (ba)

Doa: Ya Tuhan, persatukan semua pelayan-Mu dengan kasih-Mu. Biarlah kami menjadi tubuh-Mu yang utuh dan sempurna. Amin.

Must Read