Bekerja Memberi Buah

Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. (Filipi 1:22)

Ayat yang diucapkan oleh Rasul Paulus sebagaimana tertulis di atas merupakan suatu penegasan tentang panggilan dan tujuan hidupnya di dunia ini. Sebagai manusia, ia menyadari bahwa suatu waktu kehidupannya akan berakhir dengan kematian, baik karena pemberitaan Injil maupun karena sebab apapun lainnya. Namun, Paulus memiliki tujuan dalam hidupnya, yaitu memberi buah.

 

Kiranya hal itu juga menjadi tujuan hidup kita sebagai anak-anak Tuhan dalam menjalani kehidupan ini. Buah apakah yang telah kita hasilkan dalam kehidupan kita? Buah dalam pengertian di sini bukan hanya kesembilan buah roh yang terdapat dalam Galatia 5:19-21, tetapi juga berarti hasil berupa jiwa-jiwa yang telah kita bawa dan persembahkan kepada Tuhan sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah. (Rm. 12:1)

Meskipun Rasul Paulus tidak hadir pada waktu Tuhan Yesus memberikan Amanat Agung kepada murid-muridNya sebelum Ia naik ke sorga, karena pada waktu itu ia belum menjadi murid Yesus ataupun seorang rasul Tuhan, tetapi ia menyadari tugas dan panggilan Allah untuk melaksanakan Amanat Agung itu dalam kehidupannya.
Pemberitaan Injil adalah tugas yang diberikan Tuhan kepada gereja-Nya, bukan hanya kepada para pendeta atau penatua, tetapi juga kepada kita diperintahkan untuk menjadi saksi-saksi Tuhan dalam dunia ini, supaya mereka yang percaya dan menerima Dia akan memperoleh keselamatan dan hidup yang kekal.(Yoh 3: 16)

Kehidupan yang memberi buah dimulai dengan menjadi saksi Tuhan atas segala sesuatu yang Tuhan telah kerjakan dalam kehidupan kita. Mulailah bersaksi kepada teman-teman terdekat, kepada saudara-saudara dan orang-orang di sekitar Saudara tentang apa yang Tuhan telah kerjakan dalam hidup Saudara. Ceritakanlah tentang kasih karuniaNya yang telah Saudara terima berupa keselamatan, kehidupan kekal, dan kedamaian dalam hati karena Saudara telah diperdamaikan dengan Allah serta semua berkat lainnya. Kiranya Roh Kudus menolong kita semua untuk dapat bekerja memberi buah. (phm)

Doa: Tuhan, jadikan aku saksimu, agar aku menjadi berkat dan membawa orang lain bagiMu, sehingga hidupku juga menghasilkan buah. Amin.

Must Read