Khotbah Minggu, 11 Oktober 2015

RAKSASA
Ayat Pokok: 1 Samuel 17:31-36
Oleh: Pdt. Franky Kolondam, Manado
 
Bungsu dari delapan bersaudara, Daud muda piawai di bidang penggembalaan.  Ia biasa menggembalakan domba ayahnya.  Kakak tertua mengakuinya sebagai anak pemberani.  Di hadapan raja Saul, ia bersaksi, “Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya.  Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya, maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya.  Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya.”

Raksasa
Pengalaman dan keahlian Daud muda menggembalakan kambing domba, serta keberaniannya menghadapi binatang buas di padang tak terbantahkan. 

Menghadapi intimidasi Goliat, Duad muda berkata raja Saul, “Janganlah seseorang menjadi tawar hati karena dia; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin itu.”  Lanjutnya: “TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.”

Pengalaman pertama Daud muda mengalahkan Goliat menjadi bekal baginya mengalahkan raksasa-raksasa lain di kemudian hari. 

Lima raksasa yang ditaklukkan Daud dan pasukannya saat ia telah menjadi raja Israel:

  1. Yisbi-Benob – 2 Samuel 21:16. Raksasa Yisbi-Benob menjadi bayangan berbagai persoalan dalam keluarga/rumah tangga.
  2. Saf – 2 Samuel 21:18. Saf adalah bayangan dari raksasa yang menyerang perekonomian, usaha, bisnis dan mata pencaharian.
  3. Sipai – 1 Tawarikh 20:4. Sipai merupakan gambaran dari raksasa yang mempengaruhi dan menghantui cara pandang ke depan sehingga mengganggu sikap hidup dan mengubah karakter seseorang.  Seorang yang dulu dikenal baik, pemurah dan sabar, tiba-tiba berubah menjadi kasar dan mudah tersinggung, misalnya.
  4. Lahmi – 1 Tawarikh 20:5. Saudara Goliat ini adalah gambaran dari perasaan takut dan kuatir akan masa depan.  Akibatnya, seorang sulit meraih sukses karena selalu dihantui bayangan kegagalan dan ketidak-sanggupan.
  5. Raksasa Tak Bernama – 1 Tawarikh 20:6. Raksasa terakhir yang dikalahkan Daud dan orang-orangnya, tak memiliki nama,; tangan dan kakinya masing-masing berjari enam.  Gambaran dari berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan fisik seseorang.

Mengalahkan Raksasa
Apa kiat raja Daud dan pasukannya untuk menaklukkan raksasa-raksasa Filistin yang terus menyerang dan merongrong ketenteraman hidup bangsa Israel?  Rahasianya terletak pada pengalaman Daud mengalahkan Goliat, raksasa pertama yang dibunuh di masa mudanya:

  1. Percaya; Tidak Tawar Hati – ayat 32. Tak seperti Saul dan rakyat Israel, Daud muda tak gentar dan cemas menghadapi pendekar raksasa bernama Goliat.  Dalam kesederhanaan dan ketulusan, hatinya siap menjalankan perintah Tuhan.  Tekanan dan kesulitan justru melahirkan kreatifitias rohani!
  2. Menyala-Nyala; Berani Ambil Resiko; Bertindak Dengan Iman – ayat 34-35. Dengan penuh semangat, Daud muda melangkah dengan iman.  Saat kita berapi-api untuk melakukan perintahNya, Tuhan menyatakan kuasaNya.  Sepuluh orang kusta taat pada perintah Tuhan Yesus: mereka mengambil langkah iman, masuk ke dalam kota dengan resiko diusir.  Dan mujizat terjadi – Lukas 17:14-17.
  3. Penyerahan Total – ayat 40, 49-50. Apa yang ada padanya (tongkat, umban dan batu), diserahkan Daud kepada Tuhan.  Sesederhana apapun perlengkapan yang kita miliki, di tangan Tuhan, itu menjadi senjata yang ampuh dan mematikan.
  4. Dalam Nama Tuhan – ayat 45-46. “Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam…”  Maka kuasa Allah dinyatakan.  Perkara besar terjadi.  Puji Tuhan!  BagiNya tak ada yang mustahil!

Efesus 1:19 – “dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya.”

Raksasa mana yang tengah menggempur, menyerang dan hendak menghancurkan saudara? 

Saat menghadapi Goliat, Daud sama sekali tidak memiliki pengetahuan, pelatihan atau strategi perang.  Satu-satunya pengetahuan dan keyakinan yang dimilikinya ialah, bahwa TUHAN yang telah melepaskannya dari cakar singa dan beruang, Dia juga yang akan melepaskannya dari tangan Goliat!  Puji Tuhan! 

Bagaimana dengan saudara?  Tuhan Yesus memberkati!