Mujizat Ucapan Syukur

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. (Filipi 4:6)

Setelah mengutarakan semua permohonannya, seorang hamba Tuhan yang Tuhan perlengkapi dengan beberapa karunia Roh berdoa seperti ini: “Aku mengucap syukur terlebih dahulu untuk pertolonganMu yang pasti datang. Di dalam nama Yesus aku anggap selesai pergumulannya. Amin.”  Terus terang awalnya saya merasa itu doa yang tidak lazim. Aneh, karena mengucap syukur untuk sesuatu yang belum terjadi, walau diyakini pasti terjadi. Lama saya merenung untuk kemudian saya mengerti, iman ternyata juga berkorelasi dengan ucapan syukur. Ucapan syukur faktanya mendatangkan iman yang pada akhirnya menghasilkan mujizat.

Ketika kita mengucap syukur sesungguhnya kita sedang menghalau kekuatiran. Kekuatiran adalah musuh ucapan syukur. Orang yang kuatir biasanya adalah orang yang gelisah dan terus menerus memaksakan diri berbuat sesuatu agar terlepas dari kekuatirannya. Tetapi tak satu pun usaha yang dapat membuatnya terlepas dari kekuatiran. Sebaliknya upaya-upaya yang dilakukan untuk keluar dari kekuatirannya justru menambah rasa kuatir. Satu-satunya cara untuk dapat menghentikan rasa kuatir adalah mengucap syukur.

Ucapan syukur menjadikan kita sadar bahwa pergumulan yang sementara kita alami adalah hal yang Tuhan izinkan terjadi. Kalau kita sadar bahwa pergumulan yang sementara kita alami adalah hal yang Tuhan izinkan terjadi, seharusnya kita juga tahu bahwa Tuhan pegang kendali atas hidup kita. Fakta bahwa Tuhan pegang kendali atas hidup kita mendatangkan iman: pada waktu dan rencanaNya, Ia pasti akan melepaskan kita. Mujizat pertolongan pasti datang atas hidup kita.

Hari ini, apapun yang menimpa hidup kita, belajarlah untuk mengucapkan syukur atasnya. Berterimakasihlah kepada Tuhan atas apa yang telah Ia izinkan terjadi atas hidup kita. Ingatlah baik-baik, semua yang terjadi tetap dalam kendalinya Tuhan. Berimanlah kepada Tuhan. Tuhan sediakan jalan keluar dan pertolongan tepat pada waktunya. (tw)

Doa: Tuhan Yesus, aku percaya ucapan syukur mendatangkan mujizat pertolongan dariMu mengatasi semua pergumulanku. Amin.

Must Read