Tanda KedatanganNya

Waktu itu suaraNya menggoncangkan bumi, tetapi sekarang Ia memberikan janji: “Satu kali lagi Aku akan menggoncangkan bukan hanya bumi saja, melainkan langit juga. (Ibrani 12:26)

Kejadian meletusnya gunung Merapi dan Anak Krakatau serta tsunami yang telah memporak-porandakan Kepulauan Mentawai merupakan penggenapan dari apa yang tertulis dalam Alkitab. Pada waktu Yesus bercakap-cakap dengan murid-muridNya, mereka menanyakan tentang kedatanganNya dan tanda kesudahan dunia. Yesus menjawab bahwa bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat (Matius 24:1-8; Lukas 21:7-19).

Kita semua mengetahui bahwa gempa bumi dapat ditimbulkan oleh dua sebab, yaitu sebagai tanda adanya gunung yang mau meletus yang sering dinamakan dengan gempa vulkanik, dan akibat adanya pergeseran lempeng bumi yang dinamakan dengan gempa tektonik.

Sejarah mencatat bahwa Indonesia telah mengalami gempa ribuan kali. Gempa bumi tektonik terhebat juga terjadi di Indonesia pada tanggal 26 Desember 2004. Gempa yang berkekuatan 9,0 skala Richter dan menimbulkan gelombang tsunami di Samudera Hindia, telah menewaskan lebih dari 220.000 jiwa.

Teleskop raksasa Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) Kepler berhasil merekam gempa dahsyat di bintang-bintang nun jauh di sana. Gempa bintang itu menjadi acuan bagi para astronom untuk mempelajari usia, ukuran, dan evolusi bintang-bintang. Para ilmuwan menyatakan bahwa gempa bintang tersebut tidak pernah dideteksi oleh Kepler sebelumnya. Metode untuk mendeteksi gempa bintang itu menggunakan asteroseismologi.

Bukankah kejadian itu merupakan penggenapan dan bukti bahwa Firman Tuhan adalah benar? Penulis surat Ibrani sudah mencatat apa yang difirmankan Tuhan, bahwa suatu waktu langit juga akan mengalami gempa dan bukan mustahil ada bintang yang akan jatuh menimpa bumi ini (Wahyu 8:10).

Kemanakah kita akan berlari mencari perlindungan jika bumi dan langit mengalami gempa yang dahsyat? Dunia bukan tempat yang aman. Hanya Yesus tempat perlindungan yang teguh. Datanglah dan berlindung padaNya. Di sanalah jiwamu mendapat sentosa. (phm)

Doa: Tuhan Yesus, hanya Engkaulah tempat perlindunganku yang teguh. Amin.

Must Read