HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahRingkasan Khotbah, 24 April 2016

Ringkasan Khotbah, 24 April 2016

KUAT DI DALAM TUHAN
Ayat Pokok: Filipi 4:13
Oleh: Pdt. Markus Situmeang, Medan

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. 

Sepanjang hidup, setiap manusia takkan luput dari masalah.  Perbedaannya ialah: sebagai orang percaya, saudara dan saya memiliki Allah yang memberi kekuatan dan kesanggupan untuk mengatasi setiap persoalan yang kita hadapi.  Haleluya! 

Masalah
Mengapa orang percaya harus bergelut dengan berbagai macam masalah yang acapkali datang silih berganti?  Mengapa Tuhan ijinkan saudara dan saya mengalami rupa-rupa permasalahan?

1. Menuju Pribadi Yang Lebih Baik
Tuhan memakai tantangan dan masalah sebagai proses untuk menjadikan kita pribadi yang lebih baik, tangguh dan tahan uji! 

Di tengah tantangan teramat berat, iman Ayub tak goyah.  Katanya, “Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas” – Ayub 23:10.

Hal mendasar yang harus selalu diingat ialah: Dia mengasihi saudara dan saya lebih dari apapun jua!  Ia bahkan tak segan menyerahkan NyawaNya ganti saudara dan saya!  Jadi percayalah, Ia tidak akan membiarkan saudara dan saya dicobai melampaui kekuatan kita – “Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya” – 1 Korintus 10:13.  Puji Tuhan!

2. Bukti Dia Allah Immanuel
Mengapa Allah mengijinkan anak-anakNya menghadapi masalah?  Untuk menunjukkan dan membuktikan bahwa Dia adalah Allah Immanuel – Allah yang senantiasa menyertai saudara dan saya.

Ingat Saderakh, Mesakh & Abednego?  Bahkan dalam dapur api yang yang telah dipanaskan tujuh kali lipat, Allah ada di sana, menyertai mereka! 

Saya pernah mengalami sakit pendarahan yang luarbiasa.  Saya hanya bisa berdoa dan berpuasa.  Dan oleh kuasa Tuhan, saya sembuh dan dipulihkan.  Apa persoalan yang tengah saudara hadapi?  Ingat, Dia adalah Allah Immanuel – Allah yang selalu menyertai saudara dan saya.

3. Bukti Dia Satu-Satunya Jawaban
Saat saudara dan saya mengalami ujian dan tantangan, Yesus membuktikan Diri sebagai satu-satunya Pendengar dan Penjawab doa! 

Rasul Paulus menulis demikian – “Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.  Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya,  namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa”  – 2 Korintus 4:7-9.

Sejauh DOA
Pergumulan apa yang tengah saudara hadapi hari-hari ini?  Percayalah, Ia tak pernah berniat merancangkan yang jahat bagi saudara dan saya.  Sebaliknya, melalui berbagai tantangan, Dia menghendaki saudara dan saya keluar sebagai pemenang, bagai emas murni; Dia ingin membuktikan penyertaanNya; Dia ingin pula membuktikan, Dia lah satu-satunya Oknum yang dapat diandalkan!  Dia ingin menarik kita lebih dekat lagi kepadaNya!  Haleluya!  Dia hanya sejauh DOA!

Mari, serahkan segenap hidupmu kepadaNya; hampiri Dia dalam doa yang sungguh dan penuh iman, sebab Dia lah satu-satunya Jawaban dan Penolong dalam setiap persoalan dan pergumulan.  Puji Tuhan! 
Tuhan Yesus memberkati saudara!
 
 

Must Read