HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 14 Agustus 2016

Khotbah Minggu, 14 Agustus 2016

MENANG DALAM PERGUMULAN
Ayat Pokok: Kolose 1:6
Oleh: Pdt. Yosua Banibi, Poso, Sulawesi Tengah

Hidup ini sarat tantangan dan masalah.  Setiap orang pernah atau bahkan sedang mengalaminya.  Bedanya: orang-orang percaya memiliki Firman Allah dan Roh Kudus yang memberi kekuatan dan kesanggupan untuk tetap teguh dalam iman sampai tiba di ujung perjalanan: sorga yang Tuhan telah sediakan bagi setiap orang yang percaya kepadaNya.  Haleluya. 

Firman Allah
Firman Allah itu hidup dan berkuasa; di dalamnya ada begitu banyak janji Tuhan yang adalah ‘Ya’ dan ‘Amin’.
Dengan Firman Tuhan manusia batiniah kita senantiasa diperbaharui.  Di usia lanjut, rasul Paulus menulis, “Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari” – 2 Korintus 4:16.

Perintah Tuhan kepada Yosua sebelum memimpin bangsa Israel masuk ke tanah perjanjian yang berlimpah susu dan madu: “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung” – Yosua 1:8.  Haleluya!

Roh Kudus
Setelah naik ke sorga, Tuhan Yesus mengirimkan Penolong lain – namun dengan kuasa yang sama seperti Yesus.  Dialah Roh Kudus, Roh Kebenaran, Penghibur dan Penolong di segala situasi.  Dialah yang akan menyertai saudara dan saya sampai kesudahan alam – Yohanes 14:16, 26. 

Gereja Lokal
Persekutuan dengan sesama orang percaya dalam gereja lokal memiliki peran yang tak kalah penting.  Di sanalah tempat saudara dan saya bertumbuh, saling menasihati, menguatkan dan menghibur. 

Karenanya Ibrani 10:25 berkata, “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.”

Saudara dan saya memiliki 3 senjata pamungkas untuk mengatasi setiap permasalahan dan pergumulan hidup. 

Bagaimana dengan orang-orang di sekitar kita? 
”…  Injil itu berbuah dan berkembang di seluruh dunia, demikian juga di antara kamu sejak waktu kamu mendengarnya dan mengenal kasih karunia Allah dengan sebenarnya” – Kolose 1:6. 

Haleluya!  Sudahkah saudara menjadi duta Allah untuk memberitakan kabar baik, yaitu Injil Keselamatan?
Tuhan Yesus memberkati pelayanan saudara!

Must Read