Tawaran Kemudahan

Maka berkatalah Yerobeam dalam hatinya: “Kini mungkin kerajaan itu kembali kepada keluarga Daud. Jika bangsa itu pergi mempersembahkan korban sembelihan di rumah TUHAN di Yerusalem, maka tentulah hati bangsa ini akan berbalik kepada tuan mereka, yaitu Rehabeam, raja Yehuda, kemudian mereka akan membunuh aku dan akan kembali kepada Rehabeam, raja Yehuda.” (1 Raja 12:26,27)

Setelah Salomo mati, kerajaan Israel terpecah. Yerobeam menjadi raja atas Kerajaan Utara dan Rehabeam menjadi raja atas Kerajaan Selatan, yaitu Yehuda. Saat itu orang Israel diwajibkan untuk beribadah ke Bait Allah yang ada di Yerusalem 3 kali dalam setahun. Tetapi hal ini merisaukan hati raja Yerobeam, ia khawatir jangan-jangan rakyat yang dipimpinnya akan membelot kepada kerajaan musuh dan membunuhnya (ayat 27). Ia takut dengan rutinitas mereka 3 kali dalam setahun melakukan perjalanan ke Yerusalem akan membuat hati mereka berubah menjadi tidak setia kepadanya. Sehingga timbul keinginan dalam hati Yerobeam untuk menyelenggarakan ibadah tiruan dengan membuat dua patung anak lembu jantan dari emas, menaruh patung itu satu di Betel, dan yang lain di Dan.

Karena hal ini dianggap oleh rakyat memberi kemudahan, ketimbang harus berjalan jauh ke Yerusalem, maka mereka bersedia untuk menukar ibadah yang benar kepada Allah Israel dengan ibadah tiruan kepada patung anak lembu emas.

Dunia akhir zaman dalam berbagai cara menawarkan kemudahan. Mulai dari kemudahan di bidang komunikasi, kesehatan, bisnis, perbankan dan di semua bidang kehidupan manusia. Hati-hati jangan sampai minat akan “kemudahan” juga menyusup dalam cara kita menyembah Tuhan, menggantikan ibadah yang benar dengan ibadah tiruan. Sesibuk apapun, kita wajib membangun hubungan pribadi dengan Tuhan. Dan itu menuntut waktu kita, komitmen kita dalam berdoa, beribadah dan membaca Alkitab. Ketiga hal ini wajib dilakukan karena tidak ada pengganti untuk membuatnya jadi lebih mudah untuk kita lakukan.

Memang tidak mudah menjadi pengikut Kristus, karena kita harus menyangkal diri, memikul salib setiap hari. Tapi percayalah, satu kali salib akan digantikan mahkota! (dna)

Doa: Tuhan Yesus, biarlah aku setia melakukan persis seperti yang Engkau kehendaki dan tidak minat kepada kemudahan yang menyesatkan. Amin.

Must Read