HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanTidak akan Pernah Sia-sia

Tidak akan Pernah Sia-sia

Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja. (Amsal 14:23)

Salah satu kebutuhan penting manusia yang hidup di muka bumi ini adalah pekerjaan. Orang yang tidak mempunyai pekerjaan biasanya menjadi parasit bagi sekitarnya. “Kalo lu mau makan, kerja!” tegas seorang kakek kepada cucunya yang sudah dewasa. “Udah usaha, tapi belum juga dapet, kong. Mo pegimana lagi coba?” sang cucu menyela. “Dasar lu anak kagak tau diuntung. Ngomong doang usaha. Gue liat molor aja kerja lu sedari tadi,” umpat sang kakek.

Ora et labora, berdoa dan bekerja. Prinsip dalam bahasa Latin ini bagaikan dua sisi dalam satu mata uang, yang harus dilakukan bersamaan bila kita ingin melihat keberhasilan dalam mencari pekerjaan. Mengabaikan sisi yang satu, sama saja seperti upaya menjaring angin. Seorang pencari kerja bila tidak berdoa bagaimana mungkin Tuhan dapat berkehendak untuk membukakan pintu pekerjaan baginya. Sebaliknya bila hanya berdoa dan tidak mengirimkan beberapa surat lamaran kerja, itu sama saja seperti memaksa Tuhan melakukan tugas yang bukan bagian-Nya. Alhasil nihil alias gagal mendapatkan pekerjaan.

Ayat mas kita hari ini menjamin: dalam tiap jerih payah ada keuntungan. Orang yang mau berusaha keras, apalagi disertai doa dengan kesungguhan iman, tidak ada alasan bagi Tuhan untuk tidak memberikan pekerjaan. Sebaliknya tulis ayat mas kita: tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja. Kata ‘kekurangan’ dalam bahasa aslinya juga bermakna ‘kemiskinan’. Artinya bila kita kerjaannya cuma mengomel dan berkeluh kesah saja, atau usaha kita hanya di mulut, “Aku akan buat ini, akan coba itu, akan ke sana, pasti kutemui temanku yang HRD.” Tapi tidak bertindak, maka pekerjaan tidak akan datang. Malahan kita akan semakin miskin karena yang tersisa akan tergerus oleh pengeluaran rutin, sementara pemasukan tidak ada. Jadi tidak ada nasihat baik lain selain: ora et labora! Sama seperti beberapa kesaksian yang masuk dalam pelayanan doa kami, kalau Tuhan berikan mereka pekerjaan yang baik, masakan Allah tidak sanggup menolong saudara. Tuhan Yesus berkata, “Carilah, maka kamu akan mendapat!” (Matius 7:7) Ora et labora tidak akan pernah sia-sia! (tw)

DOA: “Tuhan, aku pasti berusaha, berkatilah usahaku agar aku dapatkan pekerjaan untuk masa depanku. Amin.”

Must Read