HomeUncategorizedLemah Lembut

Lemah Lembut

Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. (Efesus 4:2)

Apakah yang dimaksud dengan lemah lembut di sini? Lemah lembut adalah karakter pribadi seseorang yang istimewa di mana orang yang lemah lembut bersedia menerima keterbatasan dan kesulitan yang ada tanpa melampiaskan kejengkelannya terhadap orang lain saat ia menghadapi masalah. Banyaknya masalah sebenarnya dapat membuat seseorang jadi mudah marah, tersinggung dan lepas kendali. Tetapi kita tidak dapat membenarkan diri untuk melakukan hal-hal buruk tersebut, karena perilaku itu dapat berakibat buruk kepada orang lain yang membuatnya susah dan menyengsarakan mereka. Kita gagal menjadi berkat bagi orang lain ketika perilaku kita tidak menyenangkan bagi mereka.

Lemah lembut merupakan salah satu sifat yang kita temukan dalam diri beberapa tokoh Alkitab. Misalnya ada dalam diri Musa, ketika ia memimpin bangsa Israel yang keras kepala berada dalam perjalanan di padang gurun menuju ke tanah Kanaan (Bilangan 12:3). Demikian juga dengan Daud (2 Samuel 16:9-12) dan juga rasul Paulus (1 Korintus 4:12; 1 Tesalonika 2:7). Lebih dari para tokoh Alkitab tersebut, kita menemukan keteladanan dalam hal lemah lembut tersebut ada dalam diri Yesus Kristus sendiri (Matius 11:29; 21:5; 2 Korintus 10:1). Karena itu hendaknya setiap anak Tuhan memiliki sifat yang lemah lembut agar dapat menjadi contoh dan teladan yang baik bagi mereka yang belum percaya kepada Tuhan. Demikian juga harapan dari rasul Paulus kepada jemaat di Efesus agar mereka memiliki sifat lemah lembut (Efesus 4:1-2).

Orang yang memiliki karakter lemah lembut bagaikan memakai perhiasan batiniah yang mahal harganya dan yang sangat berharga di mata Tuhan (1 Petrus 3:4). Akibatnya mereka akan menjadi orang-orang yang dikasihi oleh Tuhan. Bagaimanakah dengan hidup kita masing-masing? Apakah kita memiliki sifat yang lemah lembut sebagaimana yang Tuhan kehendaki? Kita harus menjadi contoh dan teladan agar orang lain juga percaya kepada Tuhan Yesus dan beroleh keselamatan. Yesus pernah berkata: “Berbahagialah orang yang lemah lembut karena mereka akan memiliki bumi.” (Matius 5:5). (phm)

DOA : “Tolongku Tuhan agar aku memiliki karakter lemah lembut sebagaimana yang Kaumiliki, agar aku juga dapat memiliki bumi yang Kaujadikan ini. Amin.”

Previous article
Next article

Must Read