HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 23 Juni 2019

Khotbah Minggu, 23 Juni 2019


ALLAH TURUT BEKERJA
Ayat Pokok: 2 Raja-Raja 4:1-6
Oleh: Pdt. Stenny Rattu (Manado)

Elisa dipercayakan oleh Tuhan untuk menjadi seorang nabi di Israel selama kurang lebih enam puluh tahun. Selama masa pelayanannya itu, ia menyampaikan kabar tentang maksud dan kerinduan Tuhan, dan mengadakan mujizat-mujizat.

Pengakuan mendatangkan pertolongan
Seorang janda yang ditinggal mati oleh suaminya, datang kepada Elisa mengadukan nasibnya bahwa suaminya meninggalkan banyak hutang, dan sekarang penagih hutang hendak mengambil kedua anaknya untuk dijadikan budaknya. Janda itu sudah tidak mempunyai sesuatu apapun lagi kecuali sebuah buli-buli berisi minyak.

Lalu Elisa menyuruh janda itu untuk meminta bejana-bejana kosong dari tetangganya, dan mengisi bejana-bejana kosong tersebut dengan minyak yang ada di dalam sebuah buli-buli miliknya. Dan apa yang terjadi? Semua bejana terisi penuh dengan minyak dari buli-buli tersebut.

Berkatalah Elisa kepada janda itu, “Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah hutangmu, dan hiduplah dari lebihnya, engkau serta anak-anakmu” (2 Raja-Raja 4:7). Pengakuan yang terus terang tentang kesulitan dan tekanan berat yang dialaminya kepada nabi Elisa, membuatnya terbebaskan dari beban berat yang menghimpit hidupnya.

Allah turut bekerja
Janda yang dikisahkan dalam 2 Raja-raja 4:1-6 taat melakukan pekerjaan persis seperti yang diperintahkan oleh nabi Elisa. Meskipun secara akal kepikiran manusia tentu timbul pertanyaan “Untuk apa bejana-bejana kosong itu?” Sedangkan janda itu hanya mempunyai minyak dalam sebuah buli-buli saja.

Namun berkat ketaatannya, Tuhan campur tangan, mujizat terjadi. Roma 8:28 katakan “… bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, ….” Minyak dalam buli-buli terus mengalir tiada henti mengisi semua bejana-bejana yang kosong. Dan minyak itu berhenti mengalir ketika bejana yang kosong sudah tidak ada lagi.

Semua minyak dijual, hutang terlunasi, bahkan janda itu beserta kedua anaknya bisa hidup dengan kelebihan dari uang hasil penjualan minyak.

Haleluyah! Tuhan Yesus memberkati.

Previous article
Next article

Must Read