HomeUncategorizedDiatur Tuhan

Diatur Tuhan

Aku tahu, ya TUHAN, bahwa manusia tidak berkuasa untuk menentukan jalannya, dan orang yang berjalan tidak berkuasa untuk menetapkan langkahnya. (Yeremia 10:23)

Pagi itu seorang nenek mendadak merasa pusing. Ia pun minta diantarkan ke dokter oleh salah seorang putrinya yang kebetulan juga sudah punya jadwal mengantar anaknya yang masih balita ke sekolah. Akhirnya dengan sedikit bingung membagi waktu, putrinya mengantarkan ibunya seraya berdoa agar tidak banyak antrean di klinik, sehingga ia bisa segera mengantar pulang ibunya ke rumah dan setelah itu langsung ke sekolah anaknya. Apa daya, klinik penuh. Ia pun terpaksa curhat di grup keluarga, dan dengan terburu-buru, kakaknya datang ke klinik untuk menunggui sang nenek diperiksa. Waktu itu sang kakak juga sedang sedikit pusing, sehingga setibanya di rumah Nenek, ia langsung pamit pulang. Alangkah terkejutnya sang kakak mendapati rumahnya sudah diacak-acak maling. Melalui cctv tetangganya, komplotan maling itu beraksi di siang bolong, saat kondisi sekitar rumah teramat sepi. Mereka membobol pagar dan pintu rumah dengan senjata tajam yang kecil. Mengerikan sekali bila membayangkan sang kakak tidak pergi meninggalkan rumah pagi itu.

Tuhan sudah mengatur segalanya. Hasil pemeriksaan dokter, sang nenek tidak menderita apa pun yang patut dikhawatirkan, hanya gejala flu. Padahal biasanya, merasa pusing dari sore sebelumnya saja, Nenek tidak mau diajak ke klinik. Cara Tuhan bekerja memang tidak terduga.

Mungkin hari ini Anda merasa berat untuk melakukan sesuatu yang di luar rencana. Namun, karena tidak punya alasan untuk menolaknya, Anda terpaksa harus menjalaninya. Percayalah bahwa Allah turut bekerja dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan bagi kita (Roma 8:28). Kalaupun segalanya berjalan dengan normal tanpa kejadian-kejadian khusus seperti kisah di atas, percaya sajalah bahwa Tuhan pasti jauh lebih pandai mengatur kehidupan kita. Bahkan di tengah himpitan banyak masalah sekalipun, Tuhan selalu sanggup memelihara hidup kita. Bukankah Dia yang menciptakan kita dan seluruh semesta ini?

Bila terpaksa harus melakukan sesuatu yang tidak disukai, nyanyikanlah lagu “Tiap langkahku diatur oleh Tuhan.” Imanuel. (em)

DOA : “Bapa, tolonglah aku untuk selalu mengingat, bahwa Engkau adalah Allah yang selalu bertanggung jawab memelihara hidupku, dengan cara-Mu yang tak terduga olehku. Amin.”

Must Read