HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Natal, 25 Desember 2019

Khotbah Natal, 25 Desember 2019

YESUS PASTI DATANG!
Ayat Pokok: Yakobus 5:8
Oleh: Pdt. Herman Pangalo (GPdI Efrata, Surabaya)

Sejak dua ribu tahun yang lalu hal kedatangan Tuhan sudah dikumandangkan. Kata Yakobus “… kedatangan Tuhan sudah dekat!”

Kedatangan Tuhan yang dimaksudkan di sini tidak menunjuk kepada peristiwa dua ribu tahun yang lalu yang terjadi di Betlehem di mana Yesus Sang Penyelamat dilahirkan. Tetapi menunjuk kepada kedatangan Tuhan yang kedua kali sebagaimana yang dikatakan dalam Yoh. 14:3 “Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali …”

Aku akan datang kembali
Rasul Paulus di bawah tuntunan Roh Kudus menyatakan berulang-ulang bahwa Yesus pasti datang!

1 Kor. 11:26 “Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.”

1 Kor. 15:23 “Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya.”

1 Tes. 1:10 “dan untuk menantikan kedatangan Anak-Nya dari sorga, …”

1 Tes. 2:19 “Sebab siapakah pengharapan kami atau sukacita kami atau mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatangan-Nya, …”

1 Tes. 3:13 “ Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, …”

1 Tes. 4:15 “Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang masih hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, …”

1 Tes. 5:23 “Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, …”

Kis. 1:11 “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”

Malaikat mengkonfirmasikan bahwa Yesus yang naik, akan datang lagi! Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mempercayai hal kedatangan Tuhan yang kedua kali. “Yesus pasti datang!”

Bersabar dan Meneguhkan hati dalam menantikan kedatangan Tuhan
Yakobus menganalogikan kita yang menantikan kedatangan Tuhan seperti seorang petani. Tidak pernah ada seorang petani yang menabur hari ini dan besok menuai. Tetapi dia harus menunggu dengan penuh kesabaran dan ketekunan sambil melakukan berbagai macam hal terkait dengan apa yang dia tabur. Dalam masa menunggu, ada banyak gangguan yang datang seperti hama dan hewan tertentu.

Demikian pula dengan kita, musuh besar kita yaitu si Iblis bekerja dengan sejuta cara untuk mengganggu kita supaya menjadi lemah dalam masa penantian itu. Oleh karenanya kita perlu Roh Kudus; kekuatan supernatural dari Allah, supaya kita bisa menjadi lima anak dara yang bijaksana, yang masuk dalam perkawinan Anak Domba.

Haleluyah! Tuhan Yesus memberkati.

Must Read