HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahRingkasan Khotbah Minggu, 2 Februari 2020

Ringkasan Khotbah Minggu, 2 Februari 2020

KETIDAKPERCAYAAN adalah PENGHALANG MUJIZAT
Ayat Pokok: Matius 13:53-58
Oleh: Pdt. Ronald Tamba

Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakannya di situ (ay. 58). Ketidakpercayaan adalah penghalang mujizat.

Keraguan, Ketidakpercayaan
Ketika Yesus masih di dunia ini, ada banyak mujizat yang dilakukan-Nya. Dan dia juga rindu mujizat itu terjadi di Nazaret, kampung-Nya.

Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: “Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu?” (ay. 54).

Tapi dalam perasaan takjub itu, tampak ada keraguan, ketidakpercayaan. “Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu?” “Bukankah Ia anak tukang kayu?” (ay. 55).

Pertanyaan-pertanyaan itu diajukan karena mereka melihat Yesus sebagai manusia biasa, bukan nabi yang dipakai Tuhan dengan luar biasa. Padahal di tempat lain orang banyak mengalami pertolongan dan mujizat, dan mereka berkata, “Dia adalah Nabi yang akan datang.” Tetapi di tempat asal-Nya sendiri Dia ditolak (ay. 57). Tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ.

Percaya, Mujizat Terjadi
Dalam perjalanan hidup kita, karena kepercayaan kepada Yesus pasti selalu ada pertolongan dan mujizat Tuhan. Itulah yang seharusnya kita alami.

Jangan sampai terjadi seperti orang-orang Nazaret menolak Yesus karena mempertanyakan latar belakang pendidikan, ekonomi, keturunan keluarga Yesus dan latar belakang orang-orang di sekeliling-Nya sehingga mereka tidak mengalami mujizat Tuhan.

Hendaknya kita jangan menganggap remeh orang yang membawakan firman Tuhan. Sediakan hati kita yang terbaik sehingga firman itu bertumbuh dan berbuah. Terima firman Tuhan, mengerti, dan lakukan!

Jangan pernah meragukan ke-Allahan dan kuasa-Nya. Dia sanggup melakukan mujizat! Bahkan dalam surat Tawarikh dikatakan: Dialah pembuat keajaiban itu! Berbahagialah orang yang tidak kecewa dan menolak Yesus karena pasti akan terjadi mujizat pertolongan Tuhan.

Haleluya! Tuhan Yesus memberkati!

Must Read