HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahRingkasan Khotbah Minggu, 9 Februari 2020

Ringkasan Khotbah Minggu, 9 Februari 2020

HIDUP KUDUS DALAM KRISTUS
Ayat Pokok: Roma 3:23; 6:23
Oleh: Ev. Andreas Santosa

Manusia dalam dunia ini takut akan kematian. Mewabahnya virus Corona sejak 22 Januari 2020 telah menggemparkan dunia karena dapat menyebabkan kematian dalam hitungan hari bagi yang terkena virus tersebut. Penyebaran virus ini demikian cepat, sehingga semua orang ketakutan. Padahal virus tersebut hanya dapat menyebabkan kematian jasmani saja. Namun herannya, manusia tidak takut akan dosa yang menurut Roma 3:23 dapat menyebabkan kehilangan kemuliaan Allah dan upahnya adalah maut (Roma 6:23).

Bagaimana sikap kita sebagai anak Tuhan?

Hidup Kudus
Sebelum dunia dijadikan Allah telah memilih kita untuk memiliki hidup kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya (Ef. 1:4). Hidup kudus itu tidak bisa sebagian, tetapi harus “… di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, …” (1 Pet. 1:15). Inilah yang harus kita tahu, kita harus menjauhkan diri dari virus dosa.

Bagaimana hidup kudus itu?
Sebagai anak Tuhan, mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar lagi kita harus menjadi penurut-penurut Allah (Ef. 5:1); hidup menurut firman Tuhan, hidup di dalam kasih (ay. 2). Yoh. 14:15 mengatakan: “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.”

Perintah Tuhan ini jelas sekali. Jangan menyampaikan perkataan-perkataan yang kotor dan sembrono. Percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut sajapun jangan di antara kamu. Jangan berkawan dengan mereka!

Apa hidup kudus itu?
Hidup kudus di dalam Kristus tidaklah mudah. Ada tiga tips untuk kita sama-sama belajar.

1) Firman adalah sesuatu yang tidak dapat dibantah. Maz. 119:105 mengatakan: “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” Firman Tuhan akan selalu menolong kita hidup kudus di hadapan Allah.

2) “… tetapi penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu” (Yoh. 14:26). Firman dan Roh Kudus satu paket yang kita pakai sebagai perisai, senjata untuk melawan segala macam bentuk virus dosa.

3) Yakobus mengatakan bahwa doa orang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya (Yak. 5:16). “… tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat (1 Pet. 3:12). Karena itu berbuatlah benar, jahat berbuat jahat!

Kita ini bagaikan bejana di tangan penjunan. Biarlah Allah yang membentuk kita. Mari kita mulai dari diri kita sendiri untuk hidup kudus di dalam Kristus!

Haleluya! Tuhan Yesus memberkati!

Previous article
Next article

Must Read