Kala Berbuat Kebaikan

Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosa pun berbuat demikian. (Lukas 6:33)

Kebaikan sebagai salah satu aspek buah Roh adalah juga kehendak Tuhan, seperti yang diajarkan oleh Yesus kepada murid-murid-Nya. Dalam pengajarannya tersebut, Yesus mengatakan bahwa kita berbuat kebaikan bukan saja kepada orang lain yang telah berbuat kebaikan kepada kita, atau dapat dikatakan untuk membalas budi atas kebaikan orang tersebut. Perbuatan baik seperti itu tidak ada bedanya, seperti yang juga dilakukan oleh orang berdosa, atau oleh seorang penjahat kepada temannya.

Yesus menghendaki agar kita berbuat kebaikan bukan saja kepada teman baik, keluarga, tetangga atau sesama orang percaya, tetapi juga kepada musuh kita atau orang yang telah menjahati kita, misalnya mereka yang telah menghina, menipu, menyakiti, memfitnah, memberontak atau tidak setia kepada kita. Siapapun pribadi atau apapun relasi mereka dengan kita, kebaikan itu harus diwujudnyatakan dalam bentuk pengampunan atas kejahatan yang mereka buat. Kita berbuat kebaikan kepada mereka, karena kita juga telah mengalami pengampunan dari Tuhan dan menerima kasih setia-Nya. Hal itulah menjadi dasar yang benar untuk berbuat kebaikan kepada orang lain.

Don Ritchie, selama hampir 50 tahun berhasil menyelamatkan nyawa 160 orang yang hendak terjun dari tebing yang disebut The Gap, situs bunuh diri paling terkenal di Australia. Don berhasil menghentikan orang-orang yang ingin terjun dari tebing itu, sehingga dirinya kerap dipanggil Angel of the Gap atau Malaikat the Gap. Ia membantu orang-orang yang merasa putus asa dan ingin bunuh diri, dengan menghampiri mereka, mengajaknya berbincang dan mengundang mereka ke rumahnya yang tidak jauh dari tebing tersebut untuk sarapan dan minum teh, sehingga akhirnya mereka urung untuk membunuh diri. Karena kebaikan hatinya, pada tahun 2006 Don dianugerahi Medal of the Order of Australia untuk usaha penyelamatan yang dilakukannya. Kemudian pada tahun 2010, dia juga mendapat Local Hero Award for Australia dari National Australia Day Council.

Sudahkah anda berbuat kebaikan hari ini? Mulailah dengan berdoa dan bertindak untuk menolong mereka. (phm)

DOA : “Ajarku Tuhan untuk berbuat kebaikan, bukan hanya kepada mereka yang berbuat baik kepadaku, tetapi juga kepada musuh dan orang yang jahat kepadaku. Amin.”

Must Read