Kesetiaan yang Teruji

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja-raja 9-11

Justru itulah sebabnya aku mengirimkan kepadamu Timotius, yang adalah anakku yang kekasih dan yang setia dalam Tuhan. Ia akan memperingatkan kamu akan hidup yang kuturuti dalam Kristus Yesus … (1 Korintus 4:17)

Dalam segala aspek pekerjaan di dunia ini yang dibutuhkan adalah seseorang yang setia. Bagaimana seseorang dapat membuktikan dan teruji kesetiaannya? Tentu hanya waktu yang dapat memberikan jawabannya. Seorang pimpinan pasti bangga dan senang terhadap karyawan yang setia. Seorang tuan juga mengharapkan kesetiaan dari pelayannya. Seorang gembala juga senantiasa berdoa agar jemaat setia kepada Tuhan.

Dalam nats di atas, rasul Paulus mengirimkan seseorang yang masih muda namun memiliki kesetiaan yang luar biasa, yaitu Timotius. Di mata rasul Paulus kesetiaan Timotius telah teruji. Sebab ia tidak akan sembarangan untuk mengirimkan seseorang yang bertugas menyatakan kebenaran, jika dirinya sendiri belum membuktikan kesetiaan Timotius. Paulus sangat senang melihat Timotius karena ia adalah seorang muda yang sudah membuktikan kesetiaannya kepada Tuhan Yesus Kristus terlebih dahulu, sehingga Paulus menyebutkan namanya dalam beberapa surat penggembalaan yang ia tulis dan memberikan tanggung jawab yang tidak ringan kepadanya dalam melayani, khususnya di Efesus.

Demikian juga dengan kita, Allah menginginkan kita menjadi pribadi-pribadi yang setia. Untuk dapat menjadi pribadi yang setia di hadapan Tuhan, kita harus dapat membuktikannya bukan dalam ucapan tetapi dalam perilaku di kehidupan sehari-hari. Kita harus setia dalam mengiring Tuhan, tetapi juga harus setia dalam pekerjaan yang kita geluti di dunia ini. Tujuannya agar orang dapat melihat ada hal yang berbeda dalam diri kita dibandingkan mereka yang belum mengenal Tuhan.

Timotius diberikan tanggung jawab yang besar karena kesetiaannya yang telah teruji. Demikian juga dengan kita. Jika kita setia, maka kita akan memperoleh hal-hal yang besar dalam dunia ini. Bahkan oleh sebab kesetiaan kita dalam iman kepada-Nya, di kehidupan yang kekal Tuhan Yesus memberikan sorga kepada kita. Oleh karena itu, marilah kita hari-hari ini membuktikan kesetiaan kita dalam semua aspek kehidupan. Kiranya Roh Kudus memberikan kekuatan kepada kita semua. (aa)

DOA : “Tuhan Yesus, aku mau menjadi pribadi yang setia. Tuntunlah dan sertailah aku di dalam bersikap dan berperilaku selama hidup di dalam dunia ini. Amin.”

Must Read