HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanKuasa yang Membangkitkan Yesus

Kuasa yang Membangkitkan Yesus

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja-raja 20-21

Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. (Yohanes 10:17)

Yesus mati disalibkan di bukit Golgota dan kemudian dikuburkan. Tetapi maut tidak dapat menahan Yesus di dalam kubur. Tiga hari setelah kematian-Nya Yesus bangkit dan hidup. Ada tiga kuasa yang membangkitkan Yesus dari kematian-Nya.

Pertama, kuasa Allah Bapa. Efesus 1:19-20 menulis: “… betapa hebat kuasa-Nya…, yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga.” Kuasa Allah Bapa yang dikerjakan di dalam Kristus itu hebat. Kuasa yang sama, yang telah membangkitkan Yesus dari orang mati, hendak diberikan Allah
kepada saudara dan saya. Bersiaplah untuk menerimanya.

Kedua, kuasa Allah Anak yaitu Yesus. Yohanes 10:17 mengatakan: “Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali.” Di atas kayu salib, Yesus menyerahkan nyawa-Nya untuk menerimanya kembali. Alkitab King James Version menulis: “…I lay down My life, that I may take it again.” Tuhan Yesus memberikan hidup-Nya atau nyawa-Nya untuk mengambilnya kembali. Dengan kata lain, Tuhan Yesus mempunyai kuasa untuk membangkitkan Diri-Nya. Haleluya!

Ketiga, kuasa Allah Roh Kudus. Roma 1:4 memberitahukan kepada kita: “Dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita.” Roh Kudus, Oknum ketiga dalam Tritunggal Allah juga memiliki kuasa untuk membangkitkan Yesus.

Alkitab membuktikan bahkan maut atau kubur tak kuasa menahan Yesus. Maut telah dikalahkan. 1 Korintus 15:55 menulis: “Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?” Maut adalah musuh terakhir yang telah dikalahkan oleh Yesus 1 Korintus 15: 24-26. Ada orang-orang yang tidak percaya bahwa Yesus telah bangkit, tetapi hari ini saudara dan saya telah melihat kuasa Tritunggal Allah telah membangkit Yesus dari kematian-Nya. Yesus hidup, izinkanlah Ia hidup pula di dalam hatimu. (ahm)

DOA : “Tuhan Yesus, Engkau telah bangkit dari kematian dan hidup. Berkuasalah kiranya Engkau melalui Roh Kudus-Mu di dalam hidupku hari ini dan selamanya. Amin.”

Must Read