Kejahatan Zaman Now

Bacaan Alkitab Setahun Ratapan 3:37-66; 4; 5:1-22

But mark this: There will be terrible times in the last days. (Tapi tandai ini: Akan ada saat-saat yang mengerikan di hari-hari terakhir) (2 Timotius 3:1 NIV)

Kapan hari-hari terakhir itu? Saat sekarang inilah hari-hari terakhir itu. Dunia saat ini dilanda wabah virus covid-19 mengakibatkan muncul istilah-istilah baru seperti lock down, WFH (working from home), Study Online, Social Distancing, dlsb. Akibat wabah virus covid-19 yang merenggut banyak korban jiwa ini masyarakat dilarang ke luar rumah, bekerja dari rumah dan anak-anak sekolah via online. Semua keluarga menjadi semakin melekat kepada gadget. Gadget terhubung dengan jaringan internet dan internet merupakan dunia maya. Di dunia maya berkembang banyak kejahatan, antara lain: penipuan lelang secara daring, pemalsuan cek, penipuan kartu kredit, penipuan identitas, dan pornografi anak. Kini banyak anak-anak menjadi tersangka dan korban kejahatan karena meniru apa yang ada di dunia maya. Iblis juga memakai dunia maya untuk menghancurkan anak-anak Tuhan. Apa yang harus kita lakukan?

Sebenarnya mudah, yaitu jangan pernah masuk ke dunia maya, namun itu tidak mungkin. Kecuali kalau kita mau mengasingkan diri seperti kaum Eseni, salah satu sekte Yahudi yang pernah hidup di tepi Laut Mati tahun 65 SM hingga 70 M. Kaum Eseni menganggap dunia telah menjadi sangat jahat dan kotor, sehingga mereka berupaya membentuk komunitas sendiri yang dapat menjaga kesucian hidup serta terlindungi dari dunia yang jahat. Mereka membentuk komunitas di Qumran dan mempraktikkan hidup yang terpisah dari dunia luar. Tentu kita tidak boleh lari dari masalah. Karena kita punya Roh Kudus yang lebih besar dari masalah-masalah kita. Roh Kudus akan membawa kita kepada jalan kebenaran karena Dia adalah Roh Kebenaran.

Kita hidup satu hari 24 jam, apa yang kita lakukan selama 24 jam itu? Kalau 8 jam untuk beristirahat dan 8 jam untuk bekerja, bagaimana dengan sisanya 8 jam lagi? Inilah waktu untuk Tuhan. Mari bersama keluarga kita manfaatkan 8 jam itu untuk membangun mezbah Tuhan, menyembah, memuji dan merenungkan firman Tuhan. Jauhi dunia maya, gunakan gadget untuk fungsi membangun Mezbah Tuhan. Saya yakin kita terhindar dari pengaruh jahat dunia maya dan apapun yang kita lakukan akan dijadikan Tuhan berhasil (Yosua 1:8; Mazmur 1:2-3). (ywj)

DOA : “Tuhan Yesus, sertailah aku di dalam menggunakan gadget agar pengaruh jahat dunia maya tidak mempengaruhiku. Sebaliknya aku memanfaatkan gadget untuk memuliakan Engkau. Amin.”

Must Read