HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanBersabar dan Berserahlah

Bersabar dan Berserahlah

Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi.” (Hos 6:3)

Saat saudara melihat orang bermain gitar, atau bahkan saudara sendiri yang memainkan gitar, apa yang saudara lihat? Sebuah gitar meskipun dipetik tidak akan mengeluarkan bunyi jika senar-senarnya dikendurkan. Tetapi setelah senar-senar gitar ditarik kencang dan distem barulah gitar itu dapat berbunyi dengan indah. Suara yang keluar dari gitar adalah respon dari senar yang dipetik. Tidak ada pilihan lain, gitar merespon apa yang saudara petik. Senar yang besar merespon dengan mengeluarkan suara bass sedangkan senar yang kecil mengeluarkan suara nyaring. Demikian pula dengan hidup ini, kadang Tuhan menarik senar kehidupan kita dengan keras bagaikan senar gitar yang ditarik sampai kencang. Alasannya agar kita merespon dengan benar sehingga hidup kita menjadi indah di pemandangan Tuhan.

Apakah kehidupan saudara saat ini seakan-akan sedang ditarik kencang karena beratnya penderitaan? Sudah berdoa, berpuasa, usaha ke sana kemari, tapi tidak pernah berhasil. Tidak ada jalan keluar, kiri kanan bagaikan tembok menghadang. Penderitaan menghimpit kehidupan kita, bahkan langit di atas kitapun bagaikan tembaga yang tak tertembus. Jangan panik tetaplah bersabar dan berserahlah dalam tangan Tuhan.

Temukanlah kekuatan dan kepastian dari janji-janji Tuhan berikut ini: “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” (1 Korintus 10:13) “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” (Filipi 4:6) “Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh sungguh mengenal TUHAN, Ia pasti muncul seperti fajar. Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim, yang mengairi bumi.” (Hosea 6:3). Tuhan tidak dapat mendustai janji-janji-Nya. Pada waktu Tuhan, Ia akan menggenapi janji-janji-Nya kepada kita. (wb)

DOA : “Tuhan Yesus, ampunilah aku yang seringkali tidak dapat bersabar dan berserah kepada-Mu. Hari ini aku mau belajar lebih bersabar dan berserah hingga Engkau menyatakan janji-Mu. Amin.”

Must Read