Manfaat Roh Kudus

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; … (Yohanes 16:13)

Roh Kudus adalah pribadi yang diutus dari sorga sebagai penolong. Yesus berpesan pada murid murid-Nya agar menunggu di Yerusalem untuk dipenuhi oleh Roh Kudus. Kitapun ada di dalam suasana yang sama. Bedanya kalau murid-murid harus menunggu sampai Roh Kudus dicurahkan pada hari Pentakosta, namun sekarang Roh Kudus sudah dicurahkan sehingga setiap saat kita dapat dipenuhkan oleh Roh Kudus. Syaratnya, kita mau membuka hati dan rindu akan Roh Kudus bagaikan seekor rusa yang rindu akan aliran air sungai yang jernih dan menyegarkan.

Roh Kudus sungguh bermanfaat bagi kita. Roh Kudus memberi pengertian rohani kepada kita. Salah satu tugas utama Roh Kudus adalah mengajar kita akan kebenaran supaya mata rohani kita dicelikkan dan kita mengerti firman Allah. “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran …” (Yohanes 16:13). Tanpa Roh Kudus kita tidak dapat mengerti firman Allah. Roh Kudus adalah guru besar kita karena Dialah yang menulis firman Tuhan.

Kita perlu mengerti firman Tuhan supaya kita tidak tersesat dan binasa. Hosea 4:6 menjelaskan bahwa kita bisa binasa kalau tidak mengenal Allah melalui firman-Nya. Kita semua adalah tanah liat dan Tuhan adalah tukang periuknya. Jika hidup ini kita serahkan dalam tangan Tuhan, maka Tuhan akan membentuk kita seperti yang dikehendaki-Nya dengan firman-Nya. Setelah kita menerima Roh Kudus maka Roh Kudus akan menjadi kekuatan Allah yang melimpah-limpah dalam kita.

Tuhan mempunyai rencana buat setiap saudara dan saya. Pahamilah bahwa rencana Tuhan bukanlah rencana kejahatan atau kecelakaan, melainkan rancangan damai sejahtera untuk memberikan kepada kita masa depan yang penuh harapan. Ia hanya menghendaki yang terbaik bagi saudara dan saya. Yesus tahu bahwa kita tidak dapat berjalan sendiri. Kita perlu seorang penolong. Karena itu Ia mengutus Roh Kudus untuk datang menyertai, menolong, memimpin, menghibur, dan menguatkan kita sampai pada akhir zaman. (wb)

DOA : “Tuhan Yesus, penuhkanlah aku dengan Roh Kudus-Mu. Aku tidak dapat hidup benar di hadapan-Mu tanpa pertolongan dan tuntunan Roh Kudus. Amin.”

Must Read