Kekuatan Roh TUHAN

Tetapi aku ini penuh dengan kekuatan, dengan Roh TUHAN, dengan keadilan dan keperkasaan, untuk memberitakan kepada Yakub pelanggarannya dan kepada Israel dosanya. (Mikha 3:8)

Roh TUHAN dalam ayat ini menunjuk kepada Roh dari Allah yang kudus. Kalau saudara membaca perikop di mana ayat itu berada, maka saudara akan menemukan latar belakang keadaan dari umat Tuhan pada waktu itu. Mereka disesatkan oleh para nabi palsu yang ada di antara mereka, yang tidak membawa mereka kepada jalan yang lurus dan benar seperti yang Tuhan mau. Mereka menjadikan bangsa itu merasa dirinya aman dengan gaya hidup penuh dosa, dengan memberitakan harapan dan keamanan palsu. Mereka tidak bersikap tegas menentang dosa di antara umat Allah, tetapi malah mendukungnya. Para nabi palsu itu melayani berdasarkan upah.

Mikha berbicara dengan ilham dan kuasa Roh Tuhan. Roh Tuhan mendorongnya untuk menghukum dosa dari para nabi palsu yang ada di rumah Allah. Tugas Mikha ialah mencerminkan hati Tuhan, mendorong agar umat Tuhan melakukan hal yang benar dan mencegah mereka untuk bertindak salah di hadapan Tuhan. Teks Mikha 3:8 di atas menunjukkan tentang kekuatan dan kuasa Roh TUHAN yang memerintah dengan keadilan dan keperkasaaan.

Kekuatan kuasa Roh Tuhan tidak perlu diragukan karena Ia adalah Allah Yang Mahakuasa. Kekuatan kuasa-Nya dinyatakan dalam penciptaan dan pemeliharaan alam semesta yaitu langit dan bumi di mana kita tinggal saat ini. Kekuatan kuasa-Nya itu juga dinyatakan dalam kedaulatan-Nya atas kehidupan umat manusia, dengan mengutus Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat manusia. Yesus menyelamatkan kita dari hukuman karena dosa dengan menyerahkan hidup-Nya di kayu salib Golgota bagi keselamatan jiwa kita. Kekuatan kuasa-Nya yang dahsyat itu juga nampak dalam karya Roh Kudus menjadi penasehat, penolong, penghibur dan pembela umat Tuhan dalam menghadapi pergumulan imannya selama mereka hidup di dunia ini.

Kekuatan kuasa Roh Tuhan itu juga yang menegur pelanggaran dan dosa kita agar hidup benar dan menyenangkan hati-Nya. Apakah Anda sudah memberi respon kepada teguran-Nya? Tuhan mengasihi kita semua! (phm)

DOA : “Terimakasih Tuhan untuk kekuatan kuasa Roh-Mu yang menegur kami untuk hidup dalam kebenaran dan agar hidup kami menyenangkan hati-Mu selalu. Amin.”

Must Read