Masa yang Sukar

Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. (2 Tim 3:1)

Alkitab mencatat bahwa hari-hari terakhir itu akan mencakup masa-masa penuh bahaya. Keadaan-keadaan demikianlah yang disebut Paulus dengan masa yang sukar. Dalam bahasa Yunani kata sifat ‘khalepos’ pada dasarnya berarti sukar atau berat, yang di dalamnya terkandung pengertian berat untuk dipikul (kesakitan fisik atau mental), atau juga berat untuk dihadapi, ganas, berbahaya, penuh ancaman.

Masa yang berat datang kepada semua orang, termasuk kita sebagai orang percaya. Namun bagi orang percaya, firman Tuhan selalu memberikan kesegaran dan kekuatan bagi kehidupan kita, sehingga kita mengetahui apakah yang harus dilakukan saat-saat ini.

Apakah yang harus dilakukan di masa-masa yang sukar ini: Pertama, 1 Petrus 4:7. Rasul Petrus menasihatkan agar kita yang hidup di akhir ini dapat menguasai diri dalam segala hal dan tetap tenang ketika menghadapi tantangan dalam perjalanan hidup ini. Akhir jaman ini akan seperti pada jaman Nuh (Matius 24:37-44). Itu sebabnya kita harus dapat menguasai diri dan tidak hidup dalam pesta pora. Kita harus menjauhkan diri dari hal-hal yang bersifat daging. Kedua, 1 Petrus 5:8. Diakhir jaman ini kita harus terus sadar dan berjaga-jaga dalam menghadapi ancaman iblis. Sadar bahwa kita sedang dalam masa yang sukar, sehingga siap dalam menghadapi sifat-sifat manusia yang semakin jahat akibat kerja kuasa kegelapan dan terhadap alam yang sedang bergelora. Untuk itu kita memerlukan Tuhan dalam hidup ini. Berjaga-jaga berarti kita harus waspada dan siap dalam menghadapi serangan-serangan kuasa-kuasa dalam dunia ini. Ketiga, Markus 14:38. Kita harus berdoa senantiasa. Hal ini berarti kita harus memiliki hubungan yang baik dengan Bapa di sorga. Dekat dengan Bapa akan membuat kita tenang dan kuat dalam hidup akhir jaman ini. Sebab Bapa di sorga akan memelihara hidup kita.

Kita sedang menghadapi masa-masa yang sukar dan sulit, karena itu marilah kita menjadi jemaat Tuhan yang hidup sesuai dengan firman Allah. Tujuannya supaya kita terlindung dari mara bahaya di akhir jaman ini. (aa)

DOA : “Tuhan Yesus, sertailah aku dalam hidup di akhir jaman ini. Tanpa Engkau aku akan terseret oleh arus dunia dan binasa. Amin.”

Must Read